Inilah Alasan dan Peluang Kerja Agribisnis Untuk Milenial




Teknologi Pertanian Berbasis Internet of Things (IoT)
Teknologi Pertanian Berbasis Internet of Things (IoT) (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ketika terdengar kata agribisnis, pasti yang terbayang adalah petani, sawah, hamparan padi atau lahan pertanian. Padahal ditilik dari namanya, jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari usaha atau bisnis yang memanfaatkan bidang pertanian sebagai komoditas utama. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas untuk milenial.

Di jurusan agribisnis, mahasiswa mempelajari segala hal terkait budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha hingga proses pemasaran produk yang dihasilkan. Dari tujuan pembelajaran tersebut, lulusan agribisnis diharapkan mampu membuat inovasi bisnis dari pertanian yang dapat bersaing di pasar global.

BACA JUGA:

Milenial yang tertarik untuk mempunyai usaha sendiri dan tidak menjadi karyawan korporasi cocok sekali bila memilih jurusan ini. Karena setelah lulus dari jurusan agribisnis ini, kamu mempunyai peluang kerja yang besar untuk membangun bisnis berdasarkan bekal ilmu yang ada.

Indonesia yang merupakan negara dengan sumber daya alam dan hasil bumi yang melimpah tentu menjadi sebuah peluang besar untuk dapat dikembangkan secara optimal.

Jurusan Agribisnis sangat menarik dipilih dan dijadikan tujuan berkarier karena beberapa alasan berikut. Simak, yuk.

Dibutuhkan Instansi Pemerintah

Lulusan agribisnis dicari oleh berbagai instansi. Termasuk instansi pemerintah. Indonesia mempunyai kementerian pertanian yang dapat menampung lulusan dari jurusan ini.

Indonesia Negara Kaya Sumber Daya Alam

Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam merupakan potensi besar. Lulusan agribisnis sangat dibutuhkan di Indonesia yang kaya ini. Sumber daya alam yang banyak ini dapat diolah menjadi berbagai bidang bisnis baru.

Lapangan Kerja Luas

Selain bekerja di instansi pemerintah, lulusan agribisnis juga memiliki peluang kerja di instansi swasta. Di instansi swasta ini lulusan agribisnis dapat bekerja untuk mengembangkan produk baru atau menangani pemasaran.

Peneliti

Peluang kerja lulusan agribisnis dapat juga menjadi pekerja di laboratorium dan melakukan berbagai riset untuk pengembangan.

Lulusan jurusan agribisnis yang memang memiliki keterampian khusus di sektor pertanian dan pangan ini memiliki peluang untuk bekerja dengan profesi manajer pembibitan dan rumah kaca, manajer pertanian dan peternakan, peneliti tanah dan tumbuhan, ahli bioteknologi, konsultan pertanian, dan dosen agrikultural.

Bila kamu berminat mendaftar di jurusan ini, pastikan terlebih dahulu perguruan tinggi yang akan dipilih. Jurusan ini memiliki kemiripan dengan agronomi, agroteknologi, serta penyuluhan dan komunikasi pertanian. Jangan sampai salah pilih jurusan, ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*