Jurusan Arkeologi, Inilah 7 Peluang Kerja Jurusan Sepi Peminat Ini

Pilih Jurusan Kuliah
Ilustrasi: Pilih Jurusan Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan arkeologi memang terdengar tidak terlalu nge-hits. Padahal jurusan ini mempunyai peluang kerja yang luas dan bahkan dapat melanjutkan pendidikan hingga PhD di luar negeri. Di Indonesia sendiri terdapat enam perguruan tinggi negeri yang mempunyai jurusan ini dan menawarkan kesempatan menjadi arkeolog berkompeten.

Jurusan arkelogi mempelajari hal-hal yang terkait dengan sejarah. Kuliah di jurusan arkeologi akan menggali lebih dalam asal muasal peradaban masyarakat.

BACA JUGA:

Sarjana arkeologi atau biasa disebut arkeolog mempunya peluang kerja yang sangat luas. Berikut ini peluang kerjanya

Arkeolog

Lulusan dari kuliah arkeologi adalah menjadi sarjana arkeologi. Arkeolog adalah seorang yang ahli di bidang arkeologi. Arkeolog meneliti peninggalan sejarah seperti fosil, candi, dokumen kuno, bangunan kuno, artefak, dan lain-lain.

Tidak hanya di dalam negeri, arkeolog juga mempunyai peluang bekerja di luar negeri dan meneliti peninggalan sejarah di sana.

Jurnalis Arkeologi

Bila kamu mempunyai hobi menulis sejak mahasiswa, maka hobi ini dapat makin dikembangkan menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Sebagai lulusan jurusan arkeologi kamu bisa menjadi jurnalis arkeologi. Jurnalis arkeologi akan spesifik menulis berita dan informasi seputar arkeologi dan sejarah. Tidak banyak jurnalis bidang ini sehingga peluang pekerjaan masih terbuka lebar.

Sejarawan

Peluang kerja berikutnya untuk sarjana arkeologi adalah menjadi sejarawan. Bila sejarawan biasanya dikenal sebagai sosok yang sudah tua, rambut beruban dan botak, berkacamata tebal, sekarang sudah saatnya milenial tampil sebagai ahli sejarah. Muda, enerjik, dan penuh kreasi. Peluang membangun karier hingga menjadi sejarawan internasional terbuka lebar buatmu.

Ahli Antropologi

Lulusan arkeologi dapat juga menjadi ahli antropologi. Pekerjaan ini cocok bila kamu tipe yang menyukai fosil. Menjadi ahli antropologi memberimu kesempatan dapat traveling ke seluruh dunia sambil melakukan penelitian.

Pengelola Museum dan Pemandu Wisata Sejarah

Peluang lainnya adalah menjadi pengelola museum dan pemandu wisata sejarah. Wisata sejarah dan museum sedang marak dalam lima tahun terakhir ini. Kamu bisa menjadi guide freelance yang bekerjasama dengan banyak museum di berbagai kota untuk menawarkan jasa wisata sejarah. Menjadi wirausaha dan tetap bisa jalan-jalan merupakan pekerjaan impian, kan.

Lembaga Penelitian

Setelah melakukan penggalian, pekerjaan lain yang dilakukan seorang lulusan arkeologi adalah bekerja di laboratorium. Laboratorium yang dimaksud biasanya merupakan milik lembaga penelitian pemerintah atau swasta. Kamu bisa melamar bekerja di lembaga penelitian tersebut setelah lulus.

Dosen

Menjadi seorang dosen arkeologi merupakan pilihan lain bila kamu ingin terus mengembangkan jenjang pendidikan kan karier. Selain mengajar kamu masih tetap mengembangkan hobi seperti menulis jurnal arkeologi atau menjadi pemandu wisata sejarah tadi. Kedua hobi tersebut mendukung pengembangan karier.

Dengan gambaran tujuh peluang kerja yang cerah tersebut, keraguan untuk memilih jurusan arkeologi dapat dihempas. Jangan khawatir, akses informasi yang terbuka melalu internet akan memberimu banyak peluang pekerjaan di masa depan. Semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*