Suara dari Venus, Benarkah Ada Kehidupan di Sana

Sharing for Empowerment

Ketika berjalan mendekati matahari itu, Parker Solar Probe justri menemukan sinyal radio alami dari planet kedua dari urutan galaksi Bima Sakti.

Penelitian terkini juga menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi di atmosfer menjawab pertanyaan mengapa Venus berbeda dengan bumi. Pembacaan sinyal radio oleh Parker Solar Probe dilakukan saat satelit berada di jarak 824 km dari Venus. Perangkat yang dipakai diberi nama FIELDS telah mendeteksi sinyal radio frekuensi rendah alami hanya selama tujuh menit.

Fakta yang didapat oleh satelit NASA tersebut menarik perhatian Glynn Collison dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA dengan mengenali bentuk dan kekuatan sinyalnya, tetapi belum dapat mengidentifikasi suara apa yang terdeteksi. Kejadian suara dari Venus ini bukan yang pertama. Sebelumnya pernah ada sinyal serupa pada awal tahun 2000-an yang muncul dari ionosfer Jupiter.

Venus juga memiliki lapisan gas bermuatan listrik di bagian atas atmosfer yang disebut ionosfer. Para ahli memperkirakan planet Venus ini berukuran 3.500 km. salah satu hal yang menarik dari Venus adalah hitungan satu hari di sana setara dengan 243,0226 hari di bumi atau sekitar dua pertiga dari satu tahun bumi dan dapat berubah dengan variasi sekitar 20 menit.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*