Fenomena Langka, Komet Melintasi Bumi, Masih Bisa Dilihat Malam Hari

Foto komet K2 saat melintasi Bumi seperti difoto oleh Koordinator Balai Pengelola Observatorium Nasional (BPON) Kupang. (Dok.BRIN)
Foto komet K2 saat melintasi Bumi seperti difoto oleh Koordinator Balai Pengelola Observatorium Nasional (BPON) Kupang. (Dok.BRIN)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Komet C/2017 K2 (PanSTARRS) atau lebih dikenal dengan K2 tengah melintasi bumi. Komet ini diduga berasal dari suatu lokasi di bagian luar tata surya yang dinamakan Awan Oort.

Komet adalah anggota tata surya yang turut mengitari Matahari, seperti Bumi, yang dalam perjalanannya dari area luar tata surya (outer solar system) ke area dalam tata surya (inner solar system).

BACA JUGA:

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Abdul Rachman selaku Koordinator Balai Pengelola Observatorium Nasional (BPON) Kupang mengatakan, K2 melintas terdekat dengan Bumi pada 13 Juli 2022 pada jarak sekitar 2 kali jarak Bumi ke Matahari.

“Saat ini, K2 sedang menuju jarak terdekatnya ke Matahari yang diperkirakan terjadi pada Desember tahun ini. Karena termasuk dalam golongan komet non-periodik, K2 tidak rutin melintas di dekat Bumi seperti halnya komet-komet periodik, misalnya Komet Halley yang periodenya sekitar 83 tahun, sehingga tidak diketahui kapan ia akan melintas di dekat Bumi lagi,” papar Abdul Rachman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*