1 Juni, Hari Lahir Pancasila, Peringatan Pidato Presiden Sukarno

Ilustrasi: Inspirasi ucapan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. (Ist.)
Ilustrasi: Inspirasi ucapan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Selasa, 1 Juni 2021, diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni dipilih lantaran bertepatan dengan pidato Presiden Sukarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Kalai itu, Presiden Sukarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

BACA JUGA:

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah pun menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

Presiden Sukarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai Pancasila. Panca berarti lima, dan sila artinya prinsip atau asas.

Pada peringatan tahun ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Pada I Juni 2021, akan digelar upacara bendera secara virtual. Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengikuti upacara ini dari Istana Negara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*