Optimalkan Keterampilan Hidup Anak dengan Kebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi Cikal Dimulai Sejak Usia Dini!

Pendidikan Inklusi Cikal Memenuhi Kebutuhan Belajar Anak dengan Kebutuhan Khusus di Indonesia
Pendidikan Inklusi Cikal Memenuhi Kebutuhan Belajar Anak dengan Kebutuhan Khusus di Indonesia (KalderaNews/Dok. Sekolah Cikal)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan yang merata bagi anak dengan kebutuhan khusus masih menjadi sebuah tantangan di dalam dunia pendidikan Indonesia, mengingat tidak semua sekolah bersedia menerima anak berkebutuhan khusus.

Sebagai sekolah yang menyediakan pendidikan inklusi bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, Cikal selalu memberikan kesempatan belajar, berinteraksi, dan lingkungan yang ramah bagi anak-anak sejak usia dini di Rumah Main Cikal, hingga tingkat SMA di Sekolah Cikal.

BACA JUGA:

Pengembangan Potensi dan Keterampilan Hidup

Menurut Husnul Chotimah, selaku Kepala Pendidikan Inklusi Cikal, Rumah Main Cikal dan Sekolah Cikal telah memberikan ruang dan akses belajar yang sama bagi seluruh murid termasuk murid dengan kebutuhan khusus agar mendapatkan kesempatan yang sama dalam pengembangan potensi sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

“Aktivitas dalam Pendidikan Inklusi Cikal berfokus pada potensi individu, dengan tujuan mengoptimalkan keunikan, keragaman, kebutuhan, dan minat murid dengan kebutuhan khusus yang dikembangkan melalui program pembelajaran individu,” tandasnya

“Program belajar ini berupa kurikulum yang menekankan pada pengembangan keterampilan hidup mandiri dan vokasi dan dibuat dengan mempertimbangkan rutinitas dan kebutuhan anak dalam lingkungannya, serta didukung dengan keterampilan untuk mengembangkan aspek dalam diri untuk berinteraksi dan berelasi dengan orang lain,” imbuh pendidik yang akrab disapa Nuli ini.

Pendampingan pendidik dan psikolog Cikal bagi anak dengan kebutuhan khusus telah dimulai sejak usia dini di Rumah Main Cikal
Pendampingan pendidik dan psikolog Cikal bagi anak dengan kebutuhan khusus telah dimulai sejak usia dini di Rumah Main Cikal (KalderaNews/Dok. Sekolah Cikal)

Dikenal sebagai sekolah yang sangat ramah anak, Pendidikan Inklusi Cikal tentunya tidak hanya dirasakan anak berkebutuhan khusus, melainkan juga murid lain dan komunitas Cikal pada umumnya.

“Melalui Pendidikan Inklusi Cikal, interaksi yang dibangun dan dibentuk dapat memperkaya pengalaman dan intelektualitas anak-anak dengan kebutuhan khusus,” terang Nuli

Pemetaaan Kebutuhan Anak Secara Berkala

Sebagai sekolah yang menerapkan metode personalisasi dalam memenuhi kebutuhan belajar anak, Sekolah Cikal secara berkala melakukan observasi dan asesmen dimulai sejak tahap awal penerimaan murid dengan kebutuhan khusus melalui wawancara yang dilakukan secara langsung bersama murid dan orangtua.

“Pemerolehan data yang kami dapat tentunya akan digunakan oleh pendidik dan psikolog Cikal untuk memetakan kebutuhan murid dan kemudian diterjemahkan ke dalam program belajar individu.”

Dalam situasi pandemi dan transisi pendidikan dilakukan secara campuran, baik daring dan luring. Nuli juga menambahkan bahwa Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal senantiasa membangun kerjasama dan komunikasi yang intensif antara orangtua dan pihak sekolah, serta saling memahami antara anak dan orangtua.

Strategi Pembelajaran bagi anak dengan kebutuhan khusus dilakukan setelah memetakan kebutuhan anak bersama orang tua dan psikolog Cikal
Strategi Pembelajaran bagi anak dengan kebutuhan khusus dilakukan setelah memetakan kebutuhan anak bersama orang tua dan psikolog Cikal (KalderaNews/Dok. Sekolah Cikal)

“Sekolah memberikan arahan perihal tujuan belajar dan strategi yang bisa digunakan oleh orangtua. Strategi yang ditentukan tentunya sangat tergantung kondisi rumah masing-masing. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenali sumber daya yang ada di rumah sebagai pertimbangan dalam melakukan perubahan dan penyesuaian yang akan diterapkan pada kegiatan dan proses belajar harian,” jelasnya.

Selama proses pembelajaran berlangsung, guru di Sekolah Cikal dan Rumah Main Cikal juga melakukan observasi secara intensif sehingga apabila ditemukan kendala berupa gangguan perkembangan yang berdampak pada proses belajar seperti gangguan konsentrasi, pengaturan emosi, kesulitan belajar, hambatan komunikasi dan interaksi, atau kendala lainnya bisa segera diidentifikasi masalah serta solusinya.

“Sebagai bagian dari Sekolah yang menggerakkan Pendidikan Inklusi di Indonesia, kami berharap semakin banyak sekolah yang siap mengakomodasi kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus, sehingga akan semakin banyak pula anak dengan kebutuhan khusus yang mendapatkan layanan pendidikan inklusi untuk mengembangkan potensi, dan minatnya.” tutup Husnul Chotimah.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Pendidikan Inklusi Cikal, Hubungi kontak di bawah ini

Pendidikan Inklusi Cikal Jakarta: +62 877-2555-4100
Pendidikan Inklusi Cikal Surabaya : +62 815-1550-1010
Pendidikan Inklusi Cikal Bandung (hanya PAUD dan TK) : +62 813-2076-3026
Instagram : @PendidikanInklusiCikal
Website : www.cikal.co.id

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*