Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Segera Dimulai, Inilah 6 Tip Persiapan Sebelum Anak Divaksin

Ilustrasi: Vaksinasi untuk anak. (KalderaNews.com/Ist.)
Vaksinasi untuk anak (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun. Hal itu dikatakan Presiden Jokowi melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, akhir bulan lalu.

Izin vaksinasi ini tertuang dalam Surat Pengajuan Nomor RG.01.02.322.06.21.00169/T tentang Hasil Evaluasi Khasiat dan Keamanan Komite Nasional Penilai Obat kepada Bio Farma tertanggal 27 Juni 2021.

BACA JUGA:

BPOM merekomendasikan menerima usulan penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun dengan dosis 600 SU/0,5 ml. Tapi, BPOM belum memberikan lampu hijau penggunaan vaksin Sinovac bagi anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Pihak BPOM mengatakan, jumlah subjek pada populasi anak berusia kurang dari 12 tahun belum cukup untuk memastikan profil keamanan vaksin untuk kelompok usia tersebut. Meski demikian, BPOM telah meminta agar segera dilaksanakan uji klinis yang melibatkan subjek yang lebih banyak dan dilakukan secara bertahap. Subjek uji klinis ini mencakup anak usia 6-11 tahun dan dilanjutkan dengan anak usia 3-5 tahun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*