Alumni Sekolah Serviam Bikin Sentra Vaksinasi Covid-19 Sampai 30 Juni

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke SVS di gedung Sekolah Santa Ursula Jakarta. (KalderaNews.com/Dok. KemenkoEkon)
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke SVS di gedung Sekolah Santa Ursula Jakarta. (KalderaNews.com/Dok. KemenkoEkon)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiga sekolah di bawah asuhan para biarawati Ursulin menggelar vaksinasi Covid 19. Sentra Vaksinasi Serviam (SVS) demikian namanya. Vaksinasi diadakan di tiga sekolah, Sekolah Santa Theresia Jakarta, Sekolah Santa Ursula Jakarta, dan Sekolah Santa Maria Jakarta.

Pendirian Sentra Vaksinasi Serviam ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

BACA JUGA:

“Dalam upaya mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kasus positif dan kematian, mencapai kekebalan kelompok dan melindungi masyarakat agar tetap produktif, maka Pemerintah perlu melakukan percepatan vaksinasi yang dalam pelaksanaannya memerlukan lebih banyak sentra vaksin,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto.

Menko Airlangga juga sempat mengunjungi salah satu Sentra Vaksinasi Serviam yang berada di Sekolah Santa Ursula, Jalan Pos, Jakarta Pusat.

Sentra Vaksinasi Serviam didirikan atas prakarsa para alumni Sekolah Santa Theresia, Sekolah Santa Ursula, dan Sekolah Santa Maria.

SVS resmi dibuka pada Sabtu, 30 Maret 2021 dan akan berlangsung hingga 30 Juni 2021. Sentra Vaksinasi Serviam diketuai oleh Angela Basiroen (alumni Sekolah Santa Ursula), Timotheus Lesmana (alumni Sekolah Santa Theresia), dan Gina Sutono (alumni Sekolah Santa Maria).

“Kami sangat senang, Bapak Menko sudah memberi perhatian dan menyempatkan berkunjung ke Sentra Vaksinasi Serviam. Bagi kami, ini penyemangat karena kami diperhatikan pemerintah,” kata Timotheus Lesmana.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksinasi Serviam bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, khususnya Puskesmas Sawah Besar. Secara khusus, kategori target penerima vaksin Covid-19 di SVS diantaranya Lansia diatas 60 tahun, pendidik, Tokoh Agama, dan kaum difabel.

Sentra Vaksinasi Serviam terbuka untuk umum. Masyarakat yang memenuhi kategori syarat dapat mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi.

Syarat untuk mendapatkan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Serviam:

  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki eKTP DKI Jakarta atau eKTP non DKI ber-Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan oleh RT dan RW (cap basah) di wilayah DKI yang menyatakan bahwa penerima vaksin telah berdomisili minimal selama 6 bulan di DKI Jakarta.
  • Vaksinasi juga diberikan untuk kategori difabel (tuna rungu, tuna netra, tuna daksa).
  • Bersedia menerima vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca yang disediakan oleh Dinas Kesehatan DKI.
  • Suhu <37,5 derajat C.
  • Sedang tidak hamil.
  • Tidak sedang mendapat pengobatan gangguan pembekuan darah/kelainan darah/difisiensi imun/penerima transfusi darah/ pengobatan immunosurpressant (kortikosteroid & kemotherapi).
  • Tidak mengidap penyakit autoimun seperti a.l. astma, lupus, atau penyakit jantung berat dalam keadaan sesak, atau penyakit paru-paru kronis, atau hipertensi.
  • Bagi peserta yang berobat rutin untuk berpenyakit kronis lainnya mohon membawa surat rekomendasi vaksinasi AstraZeneca dari dokter spesialis.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*