Inilah Skema Asesmen Nasional (AN) yang Diselenggarakan September Ini

Ilustrasi: Ujian Nasional (Ist.)
Ilustrasi: Ujian Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Asesmen Nasional merupakan program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Progam ini merupakan program pengganti Ujian Nasional atau UN yang dihapuskan.

Penghapusan Ujian Nasional atau UN ini merupakan usaha untuk menghilangkan diskriminasi fasilitas seperti kemampuan orang tua mengikutkan anaknya pada bimbingan belajar. Asesmen Nasional bertujuan mendorong perbaikan kualitas pembelajaran di jenjang dasar dan menengah. Asesmen Nasional sendiri direncanakan akan dilaksanakan mulai September 2021 ini.

BACA JUGA:

Kepala Balitbang dan Perbukuan Kemendikbudristen, Anindito Aditomo, menyebutkan, “ Dorongan perbaikan ini dicapai dengan cara mengembalikan hasil Asesmen Nasional kepada satuan pendidikan dan pemda,” dalam acara virtual Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional, Selasa, 27 Juli 2021.

Selain itu, menurut Nino, sapaan akrab Anindito Aditomo, “Hasil Asesmen Nasional bisa menunjukkan kepada sekolah, pemda dan Kemdikbud tentang apa yang penting untuk dijadikan tujuan pembelajaran.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*