Soal Asesmen Nasional (AN): Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat dan Uraian

Ujian Nasional berbasis komputer
Sejumlah siswa tengah mengerjakaan soal - soal Ujian Nasional dengan menggunakan Komputer atau Computer Based Test (CBT) ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqba)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya melakukan sosialisasi Asesmen Nasional (AN) pada lembaga pendidikan nonformal se-Kota Surabaya, yaitu pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) serta Kepala Pondok Pesantren Salafiyah (PPS), Rabu, 20 Januari 2021.

AN 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan proram kesetaraan jenjang sekolah dasar dan menengah. AN terdiri terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Yang berbeda dibanding pendidikan formal, AN untuk warga belajar pendidikan nonformal dijadikan salah satu syarat kelulusan. Artinya, AN merupakan ujian kesetaraan. Oleh karena itu, peserta AN dalam pendidikan jalur nonformal tidak dipilih secara acak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

BACA JUGA:

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat, Kesenian dan Olahraga Pendidikan (PDKOP) Dispendik Kota Surabaya Thussy Aprilliyandari mengatakan, AN untuk pendidikan formal diikuti murid yang dipilih secara acak dari kelas 5, 8, dan kelas 11 di setiap sekolah/madrasah, sedangkan pada program kesetaraan, pesertanya adalah seluruh siswa di tingkat akhir dalam masing-masing jenjang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*