4 Tip Atasi Takut Gagal Berlebihan, Jangan Halangi Peluang Lain!

Ilustrasi takut gagal. Takut gagal yang berlebihan dapat menghambat pelajar melihat kesempatan yang lebih baik (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi takut gagal. Takut gagal yang berlebihan dapat menghambat pelajar melihat kesempatan yang lebih baik (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mahasiswa sudah menjalani perkuliahan daring selama 8 bulan. Awalnya terasa mudah, namun lama kelamaan berat. Perasaan takut gagal menghantui mahasiswa hingga khawatir dan menutup diri dari peluang lain. Takut gagal merupakan perasaan wajar, namun tidak baik jika berlebihan. Bagaimana cara mengatasinya?

Tidak Gegabah


Sebelum kamu melakukan hal lain, kamu perlu menilai tindakan yang harus diambil setelah mengalami kegagalan. Hendaknya pelajar tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Identifikasi langkah selanjutnya, misal menghubungi dosen secara sopan jika bertanya mengenai transparansi nilai.

Istirahat Dulu


Kegagalan tampak monumental dan menghancurkan dunia saat pertama kali terjadi. Emosi dapat menjadi liar dan kemungkinan besar kamu butuh istirahat sejenak karena kegagalan yang menyakitkan.

BACA JUGA:

Kamu harus meluangkan waktu untuk mundur dari masalah dan menenangkan diri sedikit. Cobalah curhat ke teman, tidur, atau bermain games. Apa pun yang kamu lakukan, berikan otak kamu waktu untuk membiarkan emosi mereda. Begitu itu terjadi, logika dan rasionalitas dapat mengambil alih untuk mulai melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*