Mengerjakan Tugas Sekolah dengan Teknik Podomoro Diyakini Lebih Cepat Selesai, Kamu Mau Coba?

Ilustrasi: Aplikasi untuk belajar online. (Ist.)
Ilustrasi: Aplikasi untuk belajar online. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Teknik Podomoro merupakan salah teknik dalam manajemen waktu untuk meningkatkan produktivitas. Diyakini, teknik ini bisa diterapkan dalam proses belajar siswa agar lebih efektif.

Mau tahu caranya? Yuk simak penjelasan berikut!

BACA JUGA:

Apa teknik Pomodoro?

Jika dilakukan berulang-ulang secara disiplin, teknik ini diyakini mampu meningkatkan produktivitas seseorang dalam mengerjakan sesuatu, termasuk dalam hal belajar. Manfaat penerapan teknik ini adalah kamu dapat menyelesaikan tugas lebih cepat serta membantu konsentrasi.

Teknik ini ditemukan seorang Italia, Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Teknik ini dinamakan “Podomoro” yang dalam bahasa Italia berarti tomat. Karena saat menerapkan teknik ini, Cirillo menggunakan pengatur waktu yang ada di dapurnya yang berbentuk tomat.

Teknik cukup mudah sih! Ketika kamu berhadapan dengan tugas yang sulit, bagi-bagi tugas ke dalam interval waktu-waktu yang singkat untuk mengerjakannya.

Begini cara melakukan teknik Podomoro

  • Bagi tugas kamu dalam beberapa bagian untuk dikerjakan.
  • Nah, kamu harus mengerjakan satu tugas yang telah terbagi-bagi itu dalam waktu 25 menit. Coba fokus pada tugas pada bagian itu saja!
  • Setelah 25 menit, ambil istirahat selama 5 menit. Di masa istirahat ini, kamu boleh mengecek media sosial sebentar. Tapi ingat, hanya 5 menit ya!
  • Lalu, kamu kembali mengerjakan tugas lagi untuk 25 menit berikutnya.
  • So, saat kamu sudah mengerjakan tugas selama 100 menit atau empat kali 25 menit yang terpisah-pisah, maka kamu bisa beristirahat lebih lama, ya sekitar 15 atau 20 menit.
  • Lakukan hal ini secara disiplin hingga tugas selesai semua.

Kunci keberhasilan teknik ini adalah fokus yang tinggi. Tantangannya, kamu mungkin akan mengalami kesulitan diawal mencoba teknik. Tapi jika dilakukan secara rutin dan disiplin yang tinggi, pasti akan berhasil.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*