Geblek Kelor Hasil Inovasi dari Dosen ITNY dan UNY

Beberapa orang memegang geblek kelor di salah satu pameran. (KalderaNews.com/Foto Ist}
Beberapa orang memegang geblek kelor di salah satu pameran. (KalderaNews.com/Foto Ist}
Sharing for Empowerment

KULONPROGO, KalderaNews.com.com – Geblek adalah makanan khas Kulonprogo. Produk ini dikenal dan menjadi salah satu ciri khas Kulonpogo. Sebagai suatu usaha pengembangan produk, tiga dosen dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta berinovasi dengan mencipakan produk geblek dari kelor.

Ketiga dosen itu adalah Daru Sugati (ITNY), Nani Ratnaningsih (UNY), dan Mutiasari Kurnia Devi (ITNY). Produk ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) dan telah berlangsung tiga tahun sejak tahun 2019.

Dari dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek, ketiga dosen ini menghasilkan produk geblek fungsional dengan mengkreasikan Geblek Kelor. Kelor atau Moringa oleifera merupakan salah satu tanaman yang banyak mengandung nutrisi dan banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Kelor sendiri juga dikenal bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti hiperkolesterolemia, tekanan darah tinggi, kanker, hingga peradangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*