Esterinda Budhis Gayatri Terpilih Jadi Calon Paskibraka Nasional Perwakilan dari Yogyakarta

Esterinda bersama Bupati Kulon Progo dan Kepala SMAN 1 Sentolo
Esterinda bersama Bupati Kulon Progo dan Kepala SMAN 1 Sentolo (KalderaNews/Dok. SMAN 1 Sentolo)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Esterinda Budhis Gayatri terpilih menjadi Calon Paskibraka Nasional (Capasnas) tahun 2021 dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia adalah salah satu siswa SMA Negeri 1 Sentolo, Kulon Progo. Siswi kelas XI ini adalah dua bersaudara, putri pertama dari pasangan Dony Srimarterejo dan Fitri. Kedua orang tuanya adalah karyawan swasta dan tinggal di Kelurahan Salamrejo Sentolo.

Kepala SMA Negeri 1 Sentolo, Didik Asmiarto mengatakan, Esterinda tidak hanya unggul dalam nilai akademik di sekolah. Ia memiliki banyak pengalaman mengikuti berbagai kejuaraan sejak di bangku SMP, terutama di bidang olahraga. Tidak mengherankan, pada seleksi Paskibraka tahun ini, ia dapat memperoleh hasil yang sangat baik.

“Kami merasa bangga dan bersyukur atas terpilihnya Esterinda menjadi wakil DIY sebagai Paskibraka Nasional tahun ini, semoga dapat menjalankan tugas negara dengan baik dan penuh tanggung jawab. Kami berharap Esterinda dapat memberi inspirasi pada pada siswa yang lain untuk semakin berprestasi,” ungkap Didik, Selasa 8 Agustus 2021.

BACA JUGA:

Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kulonprogo, Ariyo Bagus Sudirjo mengatakan, seleksi di tingkat Kabupaten diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo. Seleksi Paskibraka ini bekerja sama dengan unsur TNI, Polri, dan PPI. Seleksinya sendiri berlangsung antara 15 -17 Maret 2021 di GOR Cangkring Wates.

Setelah tingkat kabupaten, Esterinda mengikuti proses seleksi tingkat nasional pada 9-11 April 2021 di Pondok Pemuda Ambar Binangun. Dari dua puluh peserta seleksi putri dari seluruh kabupaten/kota, Esterinda unggul dan menjadi kandidat utama. Selain Esterinda, David Setyo Budi, siswa SMK Negeri 2 Pengasih juga terpilih menjadi calon dari Yogyakarta.

Saat ini, perwakilan dari Yogyakarta aka mengikuti karantina di PPON yang sudah dimulai sejak 25 Juli di Cibubur. Di tahap ini, peserta dari seluruh Indonesia menjalani serangkaian pembekalan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*