Kamu Mau Dapat Beasiswa? Inilah 12 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini ada banyak tawaran beasiswa dari berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta. Jenis, cakupan, jenjang pendidikan, dan persyaratan beasiswa pun beraneka ragam.

Maka, untuk meraih beasiswa, kamu mesti mengenali terlebih seluk-beluk tawaran beasiswa tersebut. Sehingga Ketika mendaftarkan diri, kamu sudah paling tidak sudah mengenal banyak tentang beasiswa tersebut.

BACA JUGA:

Nah, bagi kamu yang sedang bercita-cita meraih pendidikan tinggi di jenjang S1, inilah 12 cara mendapatkan beasiswa:

Jangan malas cari informasi!

Coba buatlah catatan jenis beasiswa apa yang mau kamu incar! Dengan mencatat beberapa tujuan dan target, kamu akan lebih mudah mencari beasiswa yang cocok.

Informasi ini bisa kamu gali dari mana pun, mulai internet, sekolah, kampus, obrolan dengan teman, dan yang lain.

Pelajari beasiswa secara detail

Lagi-lagi, catatlah setiap detail dari beasiswa tersebut, misal pihak penyelenggara beasiswa, tujuan dan target pemberian beasiswa, cakupan, periode, dan persyaratan. Pelajari satu persatu dengan seksama.

Idealnya sih, kamu mesti mempelajari setiap detail tawaran beasiswa minimal tiga bulan sebelum mendaftarkan diri. Jika kamu sudah menentukan beasiswa yang kamu incar sejak jauh-jauh hari, ini akan sangat memudahkan langkah ke depan. Apabila ada persyaratan yang masih harus dipersiapkan, misal kemampuan bahasa asing, kamu pun bisa menyiapkan sejak jauh-jauh hari.

Menggali informasi dari alumni beasiswa

Agar langkah kamu semakin mantap, cobalah gali informasi terkait beasiswa icaran kamu dari para alumni beasiswa tersebut. Mereka pasti memiliki beragam cerita dan hal positif dalam meraih beasiswa tersebut. Dengan menggali informasi dan cerita dari mereka, secara tidak langsung kamu juga memotivasi diri sendiri untuk terus melangkah meraih beasiswa itu.

Bertanya kepada penyelenggara beasiswa

Langkah lain untuk mencari informasi adalah dengan bertanya langsung kepada pihak penyelenggara beasiswa. Carilah kontak penyelenggara beasiswa yang kamu incar dan hubungi mereka. Tenang, mereka akan dengan senang hati meladeni pertanyaan calon pendaftar beasiswa. Jadi, siapkan saja daftar pertanyaan sebelum menghubungi mereka ya!

Berkonsultasi dengan guru

Janganlah sungkan berkonsultasi dengan guru di sekolah seputar rencanamu mendaftar beasiswa. Kamu juga bisa menggali informasi dan meminta pertimbangan tentang berbagai jenis beasiswa langsung dari para guru.

Raihlah prestasi

Hampir semua jenis beasiswa mensyaratkan prestasi akademik atau non-akademik. Prestasi pasti akan menjadi pertimbangan utama para penyelenggara beasiswa. So, buatlah prestasi di setiap kesempatan! Prestasi akan membuat kamu mudah dilirik para penyelenggara beasiswa.

Aktif ikut organisasi

Selain prestasi, biasanya ada pula penyelenggara beasiswa yang mensyaratkan keaktifan berorganisasi. Maka, perbanyak pengalaman berorganisasi, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Kegiatan berorganisasi ini menunjukkan kemampuan kamu berelasi dengan banyak orang atau kecerdasan sosial dan memecahkan persoalan-persoalan nyata.

Menguasai bahasa asing

Jika kamu mengincar beasiswa ke luar negeri, kemampuan bahasa mutlak harus kamu kuasai. Selain bahasa Inggris, kamu juga perlu mempertimbangkan penguasaan bahasa di negara tujuan kamu.

Dengan menguasai kemampuan berbahasa asing sejak dini tentu akan mempermudah kamu ketika tes untuk beasiswa.

Belajar membuat CV dan motivation letter yang menarik

Pembuatan CV dan motivation letter juga menjadi faktor penentu apakah kamu mendapatkan beasiswa atau tidak. Curriculum vitae (CV) merupakan lembaran daftar riwayat hidup yang merepresentasikan siapa diri kamu, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, dan lain-lain. Sementara, motivation letter adalah esai yang berisi motivasi kamu mendapatkan beasiswa tersebut.

Nah, kedua hal ini juga mesti kamu persiapkan sejak awal. Untuk itu, kamu wajib belajar untuk membuat CV dan juga motivation letter.

Hati-hati bermedia sosial

Hati-hati dengan akun media sosial kamu! Lho kenapa? Karena pihak penyelenggara beasiswa saat ini bisa dengan mudah mengetahui diri kamu dengan melihat postingan di media sosial kamu. So, lebih bijak menggunakan media sosial ya!

Latihan interview

Nah, ini juga penting. Karena biasanya untuk mendapatkan beasiswa, akan ada tahap interview. Beberapa hal yang perlu latih adalah bahasa tubuh, intonasi dan artikulasi saat berbicara, serta cara kamu bicara dan menjawab pertanyaan.

Latihan interview yang baik adalah dengan memperbanyak berdiskusi dengan teman atau guru. Dari situ kamu akan terbiasa mengungkapkan gagasan di depan umum secara runut, mengolah bahasa tubuh, serta mengelola emosi saat berbicara.

Persiapan mental dan berdoa

Untuk mendapatkan beasiswa pasti banyak sekali rangkaian ujian yang harus kamu lewati. Maka, persiapkan mental untuk menghadapi segala hal, yang baik maupun yang buruk. Selain itu, jangan lupa berdoa dan meminta doa kepada orangtua, agar kamu berhasil meraih cita-cita.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*