Ujung dari Pengentasan Buta Aksara Itu Literasi Kritis, Bukan Sekadar Hafalan

Pengentasan Buta Aksara
Upaya konkret pengentasan buta aksara (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menegaskan pengentasan buta aksara seharusnya berujung pada literasi yang mendorong individu untuk berpikir kritis.

“Bukan hafalan yang harus dituntut dari peserta didik, melainkan kemampuan memahami, dan mengolah informasi secara kritis,” ujarnya pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional pada Rabu, 8 September 2021.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, dalam upaya pengembangan literasi nasional, gerakan literasi sekolah, gerakan literasi masyarakat, dan gerakan lterasi keluarga digenjoot melalui pendidikan formal dan nonformal.

“Melalui layanan program pendidikan keaksaraan diharapkan masyarakat buta aksara dapat meningkat kualitas hidupnya sebagai awal langkah untuk jenjang berikutnya,” tegas Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Jumeri.

Konkretnya, masyarakat yang buta aksara mengikuti pendidikan keaksaraan dasar, selanjutnya keaksaraan lanjutan, dan selanjutnya ke jenjang pendidikan kesetaraan Paket A setara SD, paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*