Simak, Trik Aman Pinjam Uang Lewat Pinjaman Online (Pinjol)

Sharing for Empowerment

Pastikan bunga pinjaman tidak mencekik

Saat membaca syarat dan ketentuan, cek juga besaran bunga yang ditetapkan. Bila platform pinjol yang digunakan memberikan bunga 1% per hari atau 30% per bulan, sebaiknya tidak dipilih, karena OJK menetapkan bahwa perusahaan fintech, penyedia layanan pinjol tidak boleh menetapkan bunga lebih dari 0,8% per hari.

Pinjam sesuai kebutuhan

Kecepatan dan kemudahan pengajuan pinjol kerap disalahgunakan. Tak sedikit yang pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Atau yang lenbih parah, ada yang pinjam untuk menutup tunggakan utang sebelumnya. Sudah pasti, ini akan menjadi bumerang.

Idealnya, jangan sampai cicilan pinjaman melebihi 30% dari total penghasilan bulanan. Jika masih dalam rasio itu, kondisi keuangan bisa dianggap masih sehat.

Selalu catat saldo pinjaman

Sebaiknya buatlah catatan kecil jumlah pinjaman yang diajukan sekaligus nominal cicilan yang perlu dilunasi tiap bulan. Hal ini penting agar tidak lupa melunasi cicilan dan berakhir mendapatkan sanksi berupa denda keterlambatan. Agar lebih aman lagi, jangan ragu memanfaatkan fitur autodebet atau fitur pengingat lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*