Jelang Hari Kunjung Perpustakaan 14 September Mahasiswa UM Luncurkan Kuritabaya, Apa Itu?




Universitas Negeri Malang (UM)
Universitas Negeri Malang (UM) (KalderaNews/Ist)

MALANG, KalderaNews.com – 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan ini berada pada bulan Gemar Membaca yakni pada bulan September. Terkait dengan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan itu, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) luncurkan Kuritabaya.

Kuritabaya  merupakan buku cerita inovatif yang menjadi media pendukung dalam proses pembelajaran bahasa dan budaya Jawa berbasis teknologi augmented realtity dengan desain lift the flap. Di dalam Kuritabaya buatan mahasiswa UM ini, terdapat dua tokoh yang benama Banu dan Dara. Banu merupakan kependekkan dari bahasa nusantara dan budaya nusantara.

BACA JUGA:

Kuritabaya merupakan karya lima mahasiswa Universitas Negeri Malang. Menariknya, buku cerita inovatif dengan teknologi AR ini tidak diciptakan oleh mahasiswa dari jurusan sastra, melainkan jurusan lain.  Tim pencipta Kuritabaya, yang diketuai oleh Mufazatul Istiqomah (Akuntansi 2019) ini beranggotakan Nur Alfiyatuz Zahro (Akuntansi 2019), Nuventin Asna Putri (Akuntansi 2019), M. Hafidz Rifki F. (Akuntansi 2019), dan Fatimah Az Zahra (Desain Komunikasi Visual 2019).

Lima orang mahasiswa tersebut bergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Kemendikbudristek di bawah bimbingan Umi Nuraini, S.Pd., M.Pd., MCE, dan berhasil mendapatkan pendanaan 100% dari PKM 2021.

Kuritabaya merupakan sebuah inovasi kreatif yang mengombinasikan teknologi augmented reality dengan fitur desain lift the flap book untuk menjadi sebuah media menarik yang dapat membantu pembelajaran. Pembelajaran yang sangat terbantu dengan adanya Kuritabaya ini adalah proses belajar bahasa dan budaya Jawa yang hampir terlupakan dengan kehadirannya bahasa asing di era global ini.

Menurut Mufazatul, selaku ketua tim menguatarakan sampai saat ini belum ada media pembelajaran yang bisa mengoptimalkan pembelajaran bahasa dan budaya Jawa. Terlebih, permasalahan di beberapa sekolah dasar diklaim bahwa masih banyak siswa yang tidak mengetahui kosakata bahasa Jawa dan mudah merasa bosan untuk mempelajarinya.

“Kami terinspirasi untuk menggabungkan fitur dan lift the flap menjadi sebuah beberapa series buku dengan target mempublikasikan berupa serial the movie yang akan menambah nilai ketertarikan untuk pembelajaran di semua jenjang,” ungkap Mufazatul.

“Media pembelajaran bahasa dan budaya Jawa masih konvelsional sehingga berpotensi tidak optimalnya proses pembelajaran khususnya anak Sekolah Dasar (SD),” papar Puja Fidiawati, guru Bahasa Jawa dari SDI Aswaja Kota Malang yang mempraktikkan Kuritabaya ini pada muridnya.

Menurut Puja, kehadiran Kuritabaya tersebut, dapat membantu mengurangi permasalahan pembelajaran siswa sebagai media yang inovatif, interaktif, dan menarik untuk digunakan oleh siswa sekolah dasar.

Sementara itu, peneliti sastra di balai bahasa Jawa Timur dan pusat bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Amir Mahmud, sangat mendukung keberadaan buku inovatif ini untuk menjadi sebuah media interaktif dalam mengenalkan budaya kepada anak zaman sekarang.

“Buku cerita Kuritabaya berjudul “Mlaku-Mlaku ing Yogyakarta” yang ditulis mahasiswa UM ini cocok bila dibaca oleh anak Sekolah Dasar (SD) sampai orang dewasa. Buku Kuritabaya ini kertasnya tebal dan mewah, gambarnya bagus, dan tulisannya jelas, serta ceritanya tidak terlalu panjang untuk dibaca,” demikian komentar Amir Mahmud dalam bahasa Jawa yang telah diterjemahkan.

Lebih lanjut Amir Mahmud menambahkan dan berharap, “Kuritabaya cocok diedarkan dengan media cetak dan elektronik, juga difilmkan karena buku ini mempunyai terobosan teknologi modern, dan bisa dilanjutkan juga untuk melestarikan budaya dan bahasa Jawa. Anak-anak generasi muda harus cerdas dalam menggunakan teknologi modern, tetapi juga tetap mencintai budaya dan bahasa asal daerahnya.” Kuritabaya buatan mahasiswa UM ini dapat dikulik fiturnya di Instagram @Kuritabaya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*