Jarang Diketahui, 9 Oktober, Hari Surat Menyurat Internasional (World Post Day), Begini Tema dan Sejarahnya

World Post Day atau Hari Surat Menyurat Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.UPU)
World Post Day atau Hari Surat Menyurat Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.UPU)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Surat Menyurat Internasional (World Post Day) diperingati setiap tahun pada 9 Oktober. Peringatan ini tak lepas dari sejarah berdirinya Universal Postal Union (UPU) pada 1874 di ibu kota Swiss, Bern.

Tetapi, penetapan Hari Surat Menyurat Internasional baru dilakukan dalam Kongres UPU di Tokyo, Jepang pada 1969. Sejak itulah, negara-negara di seluruh dunia berpartisipasi setiap tahun dalam perayaan tersebut.

BACA JUGA:

Mengutip laman resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tema peringatan Hari Surat Menyurat Internasional 2021 adalah “Innovate to recover”. Tema ini berkait dengan situasi pandemi global Covid-19. Dan layanan pos atau surat-menyurat di seluruh dunia diharapkan mampu membuat aneka inovasi guna menghubungkan kembali relasi antarmanusia yang terdampak pandemi.

“Pada Hari Pos Sedunia, kami mengakui kontribusi tak ternilai dari pekerja pos bagi masyarakat dan ekonomi dunia. Jaringan pos yang luas, yang melibatkan jutaan pekerja yang memindahkan miliaran surat melalui ratusan ribu kantor pos, menjalin hubungan dalam masyarakat kita, menghubungkan komunitas di seluruh dunia,” tulis Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*