Jakarta dan Pantura Jawa akan Tenggelam? Ini Solusi dari Para Profesor Riset

Ilustrasi: Bangunan masjid di daerah Jakarta Utara yang terendam air laut. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Bangunan masjid di daerah Jakarta Utara yang terendam air laut. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Isu pemanasan global telah mengemuka di beberapa tahun terakhir. Akibat dari pemanasan global itu, dampak yang mengancam adalah tenggelamnya pesisir utara Jawa, termasuk Jakarta.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko berkata bahwa riset dapat menjadi potensi solusi untuk menyelamatkan Pantura dan Jakarta dari laju penurunan permukaan lahan.

“Periset yang ahli di bidangnya dapat terus berkontribusi aktif untuk memberikan solusi dan pencerahan terhadap masalah yang dihadapi. Jadi tidak sekedar mengungkapkan masalah, tapi kita harus bisa menjadi problem solver,” ungkapnya dalam acara Prof Riset Talk BRIN bertajuk “Benarkah Jakarta dan Pantura akan Tenggelam?”

BACA JUGA:

Salah satu narasumber diskusi, Eddy Hermawan, Profesor Riset pada Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer-Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, mengungkapkan isu tenggelamnya Jakarta sudah mengemuka sejak tahun 2008 jauh sebelum pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden beberapa waktu lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*