Jakarta dan Pantura Jawa akan Tenggelam? Ini Solusi dari Para Profesor Riset

Sharing for Empowerment

“Penyataan Joe Biden bahwa Indonesia harus memindahkan ibukotanya, karena akan berada di bawah air tentu menjadi perhatian media massa,” ujarnya.

Eddy mengasumsikan terdapat tiga faktor utama tenggelamnya Jakarta, yaitu meningkatnya sea level rise (SLR), menurunnya land subsidance (LS), dan adanya faktor lokal (daerah rawa/dataran rendah).

“Langkah bijak yang harus dilakukan untuk menyikapi prediksi tenggelamnya Jakarta yaitu dengan menyiapkan skenario berbasis penggabungan SLR dan LS dengan berbagai kombinasi data SLR dan LS menggunakan teknik spasial-temporal analysis,” ujar Eddy.

Eddy juga mengingatkan beberapa daerah di Indonesia juga terancam tengggelam.

“Masyakarat harus seoptimal mungkin mencegah kerusakan lingkungan serta mempertimbangkan pembuatan bitting gesik dan hutan mangrove, karena telah terbukti cukup efektif dalam meredam laju masuknya rob ke daratan,” imbuh Eddy.

Sementara, Robert Delinom, Profesor Riset bidang Geoteknologi-Hidrologi Air Tanah BRIN mengungkapkan penyebab amblesan tanah di Jakarta disebabkan empat faktor yaitu kompaksi batuan, pengambilan air tanah secara berlebihan, pembeban bangunan dan aktivitas tektonik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*