Museum Manusia Purba Sangiran Diwacanakan Kayak Jurassic Park Hingga Flinstone

Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen, Jawa Tengah,
Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen, Jawa Tengah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

SRAGEN, KalderaNews.com – Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, perlu dikembangkan agar menarik wisatawan. Hal ini dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Sejarah Museum Sangiran tak lepas dari sejarah bagaimana area Sangiran ini menjadi situs penggalian purbakala. Situs penggalian ini mendapatkan fosil-fosil manusia purba seperti Pithecanthropus erectus, Meganthropus dan beberapa fosil lain.

Pada tahun 1977, pemerintah Indonesia menetapkan area ini sebagai cagar budaya. Hinggar akhirnya situs Sangiran mendapat perhatian dari UNESCO dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1996.

BACA JUGA:

Museum ini setara dengan Situs Zhoukoudian di China, Situs Danau Willandra di Australia, Situs Olduvai Gorge di Tanzania dan Situs Sterkfontein di Afrika Selatan.

“Ide-idenya mungkin yang kelas dunia pernah ada, umpama Jurassic Park, umpama flinstone, ya kita buat mirip-mirip begitu ya. Kalau itu bisa kita buat mungkin orang akan datang,” aku Ganjar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*