Inilah Faktor Utama Keberhasilan Transformasi Digital di Dunia Pendidikan

Sharing for Empowerment

Sementara itu Sesi Pleno 2 yang mengangkat tema “Digital Educational Transformation: Closing the digital gap, to Reach the Unreach, Remote Area, Open Access, Flexible Learning, Disability Access” menghasilkan kesimpulan bahwa disrupsi pendidikan adalah sesuatu yang dapat kita anggap sebagai peluang berharga untuk menciptakan cara belajar baru dalam mengeksplorasi perangkat teknologi guna mengatasi masalah dan tantangan pembelajaran, terutama di saat pandemi Covid-19.

Agar transformasi digital terjadi, teknologi pendidikan di era kenormalan baru perlu menjawab isu tentang kesenjangan digital, akses inklusi dan disabilitas, serta akses terbuka dan pembelajaran yang fleksibel.

Ada faktor utama keberhasilan transformasi digital, yaitu Openness, Mindset, Readiness, Adaptive (OMAR), yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain ulang pembelajaran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan lebih dari Rp100 triliun dianggarkan untuk dana pendidikan, riset, dan kebudayaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari warga negara Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*