Bingung Memilih Jurusan di SMA? Inilah Perbedaan Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa

Sharing for Empowerment

Jurusan IPS

Stereotype anak jurusan IPS adalah hafalan yang kuat. Padahal anak jurusan IPS tidak pernah dituntut untuk menghafal. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi. Pelajaran sejarah akan mendorong kita berpikir kritis analitis tentang bagaimana pengetahuan masa lampau untuk memahami kehidupan saat ini.

Sedangkan ekonomi akan mempelajari perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup, tentang produksi, konsumsi, dan distribusi. Tipikal pelajaran yang mempelajari tentang pola interaksi sesama manusia jelas tidak dapat dihafal. Oleh karenanya, pemikiran bahwa jurusan IPS harus pandai menghafal harus dihapuskan sejak sekarang.


Jurusan Bahasa

Jurusan bahasa biasanya dikenal hanya belajar bahasa Indonesia. Sayangnya, pemikiran tersebut keliru. Jurusan Bahasa di SMA mempelajari banyak bahasa asing di samping bahasa Indonesia. Contohnya adalah bahasa dan sastra Inggris, antropologi, bahasa asing, dan bahasa daerah. Jadi, bisa dibilang kalau anak jurusan Bahasa ini kaya dengan pengetahuan akan bahasa dan budaya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*