Panduan Memilih Jurusan IPA, IPS, atau Bahasa di SMA, Agar Tidak Salah Jurusan

Sharing for Empowerment

Bila kamu atau temanmu masih bingung dengan minat dan bakat dirinya sendiri, salah satu acuan yang dapat dipakai adalah dengan melihat nilai-nilai mata pelajaran sebelumnya. Nilai dapat dijadikan salah satu referensi untuk memilih langkah selanjutnya.

Membuat perencanaan selanjutanya

Panduan kedua untuk memilih jurusan IPA, IPS, atau bahasa berikutnya adalah perlu mengetahui dunia perkuliahan atau rencana yang akan kamu ambl setelah lulus SMA. Sebisa mungkin pilihlah jurusan yang relevan dengan masa SMA.

Saat lulusan SMA telah memasuki perkuliahan, kebanyakan dari mereka bingung karena tidak mengetahui dasarnya. Oleh karena itu, jika kamu sudah memiliki cita-cita sejak kecil dan ingin terus mengejarnya, pilihlah jurusan SMA yang sesuai sejak sekarang. Misalnya bila kamu bercita-cita menjadi dokter, maka kamu harus masuk IPA dan kemudian masuk ke Fakultas Kedokteran.

Diskusikan dengan orang tua

Salah satu cara mendapatkan solusi adalah berdiskusi dengan orang tua atau kakak. Karena merela telah lebih dulu mengalami kebingungan yang sama, sehingga saat berdiskusi dengan mereka kamu akan mendapat pencerahan. Namun, pilihan tetap berada di tanganmu sendir, ya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*