Panduan Memilih Jurusan IPA, IPS, atau Bahasa di SMA, Agar Tidak Salah Jurusan

Siswa SMA (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah lulus dari bangku SMP, lulusan SMP memerlukan panduan untuk memilih jurusan di SMA yang tepat. Sekolah di SMA memang berbeda dengan masa SMP. Di SMA terdapat jurusan yang tidak dijumpai di bangku SMP.

Pemilihan jurusan pada masa SMA ini dapat disesuaikan dengan cita-citamu. Karena nanti sedikit banyak jurusan yang kamu ambil di jenjang kuliah, dapat berdasarkan jurusan sejak SMA. Semua jurusan itu bagus. Hanya persepsi banyak orang saja yang merasa belajar IPS dan Bahasa jauh lebih mudah dibandingkan mempelajari di jurusan IPA.

BACA JUGA:

Kesuksesan seorang pelajar di bangku Sekolah Menengah Atas merupakan langkah awal kesuksesan di masa depan. Pilihan jurusan saat kuliah dapat dimulai dengan memilih jurusan yang tepat pada saat duduk di bangku SMA. Inilah panduan mudah memilih jurusan di SMA yang harus kamu pahami sejak dini.

Mengenali diri sendiri

Jangan pernah memilih jurusan karena ikut teman atau karena banyak peminatnya. Bila hal ini terjadi, membuktikan bahwa kamu tidak mengenali dirimu sendiri. Tidak mengenali bakat dan minat yang ada di dalam diri kita sendiri. Di kelak kemudian hari, hal ini akan membawa masalah besar karena tidak semua anak memiliki kapasitas, keahlian dan bakat yang sama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*