Apa Itu Pancamain? Permainan Anak Berisi Nilai-nilai Pancasila

Pancamain
Pancamain (KalderaNews/Malena)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP meluncurkan Pancamain pada 20 November 2020 silam sebagai upaya penerapan nilai-nilai Pancasila pada anak-anak sedini mungkin melalui permainan.

Alasan BPIP mengadopsi permainan tradisional sebagai Pancamain adalah nilai-nilai luhur dalam permainan tradisional yang diwariskan oleh para nenek moyang. Di sisi lain, permainan tradisional juga dapat mengenalkan anak-anak didik tentang budaya Indonesia di tengah kemajuan teknologi.

Pancamain sendiri berisi beragam permainan tradisional yang bertujuan memperkenalkan nilai Pancasila kepada anak-anak. Permainan ini mengarahkan anak agar berakhlak baik, memiliki sopan santun, mau menghargai pendapat orang lain, menghargai perbedaan suku, agama dan golongan serta saling tolong-menolong dan toleransi.

BACA JUGA:

Pancamain atau lima permainan tradisional menjadi cara menginternalisasi nilai-nilai Pancasila ke anak melalui permainan dan Jawa Barat menjadi provinsi pertama di Indonesia (role model) implementasikan nilai-nilai Pancasila melalui permainan tradisional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*