Program Biopori dan Komposter, Cara Sederhana Namun Bermakna!

Sharing for Empowerment

Biopori merupakan lubang resapan berbentuk silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air ke dalam tanah. Sementara komposter adalah alat yang digunakan untuk membantu kerja bakteri pengurai materi organik berupa sampah menjadi bentuk baru dengan sifat seperti tanah.

Untuk melaksanakan gagasan tersebut, Eka Permanasari, Ph.D., merencanakan dan mengadakan program yang dilaksanakan pada 3 klaster perumahan kecil yang terletak di Kelurahan Ciputat dan Ciputat Timur yang lokasinya berdekatan dengan kampus UPJ dan kawasan Bintaro Jaya.

Hal pertama yang dilakukan adalah membentuk forum group discussion. Melalui diskusi dan bedah masalah dengan warga klaster Amara Botanica, Paradise Park Villa Bintaro, dan Cuttleya Bintaro masalah yang dihadapi dan harapan akan keberlangsungan lingkungan tergali dari warga.

Pada ketiga perumahan tersebut, terdapat masalah penyerapan air akibat kurangnya pepohonan. Hal ini menyebabkan kekeringan saat musim kemarau. Ketiga klaster tersebut juga mengandalkan tukang sampah dengan jadwal yang kurang teratur, sehingga terjadi penumpukan sampah yang menyebabkan polusi udara dan ketidaknyamanan. Permasalahan sampah ini juga dipicu oleh keengganan penghuni untuk memilah sampah organik dan non organik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*