Program Biopori dan Komposter, Cara Sederhana Namun Bermakna!

Sharing for Empowerment
Dosen dan peneliti kajian urban dari Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Eka Permanasari, Ph.D.
Dosen dan peneliti kajian urban dari Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Eka Permanasari, Ph.D. (KalderaNews/Dok.UPJ)

Eka Permanasari dan kawan-kawan lalu mengusulkan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi berupa pembuatan biopori, komposter, dan sosialisasi kegiatan. Dalam penerapannya, ia mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar untuk membuat biopori dan komposter. Sebelumnya, tim pengabdian masyarakat telah melakukan sosialisasi dengan memberikan penjelasan mengenai cara pembuatan, cara penggunaan, serta penerapannya sehingga warga dapat memahami dan melanjutkan kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaannya, keberhasilan biopori dalam menyerap air tanah dapat terlihat. Begitu pula dengan keberhasilan komposter yang dilihat dari jumlah kompos yang terukur. Melalui program yang dilakukan ini, masyarakat dapat berkontribusi dalam pengembalian air tanah yang selama ini diambil secara berlebihan serta membantu penanggulangan sampah.

Selain baik bagi lingkungan, tentunya program ini juga berguna bagi masyarakat sekitar. Yuk bersama , ikut serta melaksanakan program biopori dan komposter! Karena menjaga sumber daya alam dan kebersihan bukanlah tugas pemerintah saja, tapi tugas kita semua.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*