Hari Disabilitas Internasional, 3 Desember, Begini Logo, Tema, dan Sejarahnya




Logo Hari Disabilitas Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.Kemensos)
Logo Hari Disabilitas Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.Kemensos)

JAKARTA, KalderaNews.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Persons with Disability (IDPD) diperingati tiap 3 Desember. Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat terhadap persoalan kehidupan para difabel dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan mereka.

Seperti dikutip laman resmi PBB, perayaan Hari Disabilitas Internasional diperingati sepanjang minggu ini mulai dari 30 November hingga 4 Desember, bersamaan dengan sesi ke-13 Konferensi Negara-Negara dan Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

BACA JUGA:

Awalnya, Hari Disabilitas Internasional dikoordinasikan oleh United Nations Enable yang berfungsi untuk mendukung dan mempromosikan hak-hak dan martabat para disabilitas. Pada 1975, muncul Konvensi PBB tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas, di mana hak sosial, politik, sipil, dan hak asasi manusia para disabilitas diakui secara internasional.

Pada 14 Oktober 1992, Majelis Umum PBB menyatakan, 3 Desember sebagai Hari Disabilitas International (International Day of Disabled Persons). Hari Disabilitas Internasional pertama kali diperingati pada 3 Desember 1992.

Selanjutnya, majelis mengubah nama International Day of Disabled Persons menjadi International Day of Persons with Disabilities pada 18 Desember 2007. Nama International Day of Persons with Disabilities (IDPD) ini mulai digunakan secara resmi pada 2008.

Tema peringatan Hari Difabel Internasional (HDI) tahun ini adalah “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia Yang Inklusif, Akesesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid 19”. Kementerian Sosial RI juga telah mengeluarkan logo untuk perayaan Hari Disabilitas Internasional.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*