Mengenal Jurusan Akturia, Pekerjaan Cocok Buat Pencinta Matematika

Ilustrasi: Jurusan Kuliah Unik
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Akturia mungkin masih terdengar asing dan belum familiar untuk kita. Selain karena jurusan ini tergolong baru, bidang pekerjaannya juga belum banyak dikenal. Aktuaris merupakan nama profesi di bidang ini. Lantas apa itu Aktuaris dan Aktuaria?

Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Di Jurusan Aktuaria ini kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang probabilitas, matematika, statistik, keuangan, hingga pemprograman.

BACA JUGA:

Lulusan dari jurusan Aktuaria akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Aktuaria dan disingkat S.Aktr. Namun, lulus saja dari Jurusan Aktuaris ini tidak langsung menjadikanmu sebagai aktuaris, untuk menjadi seorang aktuaris, kamu harus mengikuti dan lulus ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Profesi aktuaris tengah menjadi sorotan atau prioritas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang gencar melakukan sosialisasi program 1000 aktuaris. Berdasarkan data yang ada, jumlah aktuaris di Indonesia baru memenuhi seitar 50% dari kuota yang dibutuhkan. Hal ini merupakan peluang yang besar buatmu yang ingin berkarier di bidang ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*