Begini Sejarah Universitas Islam Indonesia (UII), PTS Tertua di Indonesia

Ilustrasi: Kampus Universitas Islam Indonesia. (Dok. UII)
Kampus Universitas Islam Indonesia. (KalderaNews/Dok. UII)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) mulai muncul satu persatu dan sampai sekarang masih berkiprah di dunia pendidikan Tanah Air dan Universitas Islam Indonesia (UII) adalah kampus yang paling tua.

Menurut literatur sejarah, UII yang terletak di Yogyakarta Jawa Tengah ini merupakan kampus tertua di Indonesia.

Namun keberadaannya tidak kalah performa dengan PTS yang baru bermunculan setelahnya, bahkan UII sebagai kampus paling tua di Indonesia mampu mengukir prestasi gemilang di dalam dan luar negeri.

BACA JUGA:

Bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah UII sebagai kampus swasta tertua di Indonesia, KalderaNews.com akan menyajikannya berikut ini:

Awalnya bernama Sekolah Tinggi Islam yang berdiri pada 8 Juli 1945, lalu kemudian beralih menjadi Universitas Islam Indonesia untuk memenuhi permintaan masyarakat akan sebuah pendidikan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaran Islam.  

Awal Pertumbuhan UII

Di awal-awal pertumbuhan perguruan tinggi, UII hanya  memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas kultas Pendidikan dan Fakultas Ekonomi yang mulai beroperasi pada Juni 1948.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*