Pendaftaran Calon Mahasiswa PTKIN Dibuka, Begini Syarat dan Jadwalnya

Konferensi pers peluncuran pendaftaran calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). (Dok.Kemenag)
Konferensi pers peluncuran pendaftaran calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). (Dok.Kemenag)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sudah dibuka. Ada dua skema pendaftaran, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN.

SPAN Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional dan diikuti 58 PTKIN, baik Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), maupun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). SPAN digelar dalam satu sistem yang terpadu dan serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA:

“Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran,” ujar Ketua Forum Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si.

UM-PTKIN juga melibatkan seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sistem terpadu. Namun, mekanismenya adalah tes seleksi atau ujian yang diselenggarakan serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan Menteri Agama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*