5 Cara Belajar Efektif 30 Menit yang Harus Kamu Coba Semester Ini




Ilustrasi siswa belajar di rumah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi siswa belajar di rumah (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar kerap menjadi kata yang menjemukan dan membuat mood jadi buruk. Padahal ini merupakan tugas kita sebagai pelajar dan mahasiswa. Belajar jadi membosankan mungkin karena kita belum tahu cara belajar efektif.

Belajar tidak perlu berjam-jam. Namun, belajar membutuhkan konsistensi agar kamu bisa memahami konsep dan menghindari sistem kebut semalam saat ujian. Karena pada dasarnya otak manusia hanya efektif mempelajari sesuatu dan menyimpan informasi yang dipelajarinya dalam kisaran kurang lebih 30 menit saja.

BACA JUGA:

Bila selama ini kamu merasa sudah belajar lama dan merasa materi pelajaran atau materi kuliah engga nyangkut di kepala, kamu perlu mencoba 5 cara belajar efektif berikut ini.

Membuat concept-map

Membuat peta konsep atau concept-map ini dapat kamu lakukan setelah membaca suatu materi pelajaran. Kamu harus dapat menemukan kata kunci pada setiap topik yang bisa kamu hubungkan dengan satu garis. Kamu juga bisa menambahkan gambar supaya makin kamu ingat.

Cara ini akan membuat pemahamanmu terhadap pelajara akan lebih menyeluruh dan benar-benar mengetahui keterkaitan dari materi yang ada. Cara belajar seperti ini sangat membantu khususnya bila kamu mempersiapkan ujian dalam bentuk esai. Kamu akan merasa lebih mudah dalam menjabarkannya dengan tulisan.

Menjelaskan kembali dengan lantang

Bila kamu telah menemukan kata kunci dari sebuah materi, cara belajar selain menuangkan ke mind map adalah dengan menjelaskan apa yang telah kamu pahami dengan menggunakan suara yang lantang.

Kamu dapat berpura-pura berdiri di depan kelas dan melakukan presentasi layaknya seorang guru. Cara ini disebut active involvement, yakni seseorang akan mudak mengingat informasi yang dipelajari jika mengucapkannya dengan suara yang lantang.

Mengerjakan latihan soal

Menyelesaikan latihan soal, terutama pada materi eksak, dapat membuat kita makin paham. Cara ini akan membuat kita makin paham terhadap sebuah rumus yang kita perlukan saat harus mengerjakan soal ujian kelak.

Kenalan dengan Teknik Mnemonik

Teknik ini merupakan teknik lama para orang tua kita, tetapi tetap terbukti efektif untuk membuat kita ingat terhadap sebuah materi pelajaran. Cara ini bisa berupa hafalan, gambar, lagu, singkatan, dan lain-lain. Misalnya seperti mengingat jumlah hari dalam setiap bulan, kita bisa menggunakan tonjolan tulang tangan yang menggenggam.

Pastikan kamu memahami konsepnya sebelum menggunakan cara ini sehingga kamu benar-benar mengerti, tidak sekadar menghafal. Misalnya mengingat rumus trigonomoteri Sin Cos Tan berdasarkan segitiga.

Coba sistem Leitner

Metode belajar satu ini ditemukan oleh ilmuwan dari Jerman, Sebastian Leitner. Caranya dengan menggunakan flash card yang bisa kamu buat sendiri. Caranya seperti berikut:

  • Buat 3 hingga 5 kotak kosong sesuai kebutuhanmu.
  • Buatlah sebanyak mungkin kartu yang berisi pertanyaan, dengan masing-masing kartu diisi satu buah pertanyaan dan letakkan di kotak pertama.
  • Jawab pertanyaan di setiap kartu, jika jawabanmu benar maka pindahkan kartu ke kotak kedua.
  • Bila jawabanmu salah, maka kartu harus dikembalikan ke kotak pertama.
  • Apabila telah selesai, kamu bisa beralih dengan mengulang kembali pertanyaan di kotak kedua. Jika menjawab benar maka kartu bisa dipindahkan ke kotak ketiga.
  • Jika salah jawab, maka kartu harus diletakkan di kotak pertama.

Itulah lima cara belajar efektif yang tidak memakan waktu lama yang bisa kamu coba dan terapkan pada semester ini. Daripada berkutat dengan cara belajar lama yang membosankan, kita harus segera move on dan menemukan cara belajar paling efektif untuk kita sendiri, bukan?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*