5 Cara Belajar Efektif 30 Menit yang Harus Kamu Coba Semester Ini

Ilustrasi siswa belajar di rumah (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi siswa belajar di rumah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Belajar kerap menjadi kata yang menjemukan dan membuat mood jadi buruk. Padahal ini merupakan tugas kita sebagai pelajar dan mahasiswa. Belajar jadi membosankan mungkin karena kita belum tahu cara belajar efektif.

Belajar tidak perlu berjam-jam. Namun, belajar membutuhkan konsistensi agar kamu bisa memahami konsep dan menghindari sistem kebut semalam saat ujian. Karena pada dasarnya otak manusia hanya efektif mempelajari sesuatu dan menyimpan informasi yang dipelajarinya dalam kisaran kurang lebih 30 menit saja.

BACA JUGA:

Bila selama ini kamu merasa sudah belajar lama dan merasa materi pelajaran atau materi kuliah engga nyangkut di kepala, kamu perlu mencoba 5 cara belajar efektif berikut ini.

Membuat concept-map

Membuat peta konsep atau concept-map ini dapat kamu lakukan setelah membaca suatu materi pelajaran. Kamu harus dapat menemukan kata kunci pada setiap topik yang bisa kamu hubungkan dengan satu garis. Kamu juga bisa menambahkan gambar supaya makin kamu ingat.

Cara ini akan membuat pemahamanmu terhadap pelajara akan lebih menyeluruh dan benar-benar mengetahui keterkaitan dari materi yang ada. Cara belajar seperti ini sangat membantu khususnya bila kamu mempersiapkan ujian dalam bentuk esai. Kamu akan merasa lebih mudah dalam menjabarkannya dengan tulisan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*