Jurusan Kesejahteraan Sosial, Incaran Baru Buat yang Ingin Kuliah di Bidang IPS




Persiapan Kuliah
Ilustrasi: Persiapan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Bila setelah lulus SMA nanti kamu ingin melanjutkan kuliah di bidang IPS, mungkin beberapa jurusan yang telah familiar antara lain ekonomi, manajemen, hukum, sosiologi, dan lain-lain. Tahukah kamu bahwa sekarang ada jurusan baru bidang IPS yang dapat dijadikan incaran. Yap, jurusan itu bernama Jurusan Kesejahteraan Sosial. Seperti apakah jurusan yang tergolong baru itu?

Jurusan Kesejahteraan Sosial mengajarkan tentang pengetahuan dasar pekerjaan sosial, nilai, prinsip, dan etikanya. Di jurusan ini pula kamu akan belajara mengenai kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Jurusan ini cocol untuk kamu yang memiliki jiwa sosial tinggi dan serius mendalami bidang tersebut.

BACA JUGA:

Pengetahuan dan keahlian yang akan didapat saat kuliah di jurusan Kesejahteraan Sosial ini antara lain: kemampuan komunikasi, kemampuan, advokasi, kemampuan melakukan analisis, kemampuan meneliti, kemampuan melakukan observasi, kemampuan berpikir logis, kemampuan problem solving, kepekaan dan empati yang melebihi rata-rata.

Di beberapa kampus jurusan Kesejahteraan Sosial ini diberi nama Jurusan Sosiatri. Meskipun beda nama, tetapi secara umum ilmu yang didapatkan tetap sama. Jadi tidak perlu bingung dengan penamaan jurusan ini.

Kuliah di jurusan Kesejahteraan Sosial ini akan berlangsung selama 4 tahun atau 8 seemester. Di sini nanti kamu akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan guna mengurangi ketidakadilan dan kesenjangan sosial.

Kamu juga akan belajar mengenai teori kebijakan sosial, proses penyusunan strategi, implementasi, evaluasi, dan monitoring kebijakan sosial. Serta pengembangam masyarakata melalui berbagai program yang sifatnya preventif, rehabilitatif, kuratif, maupun developmental. Setelah menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi, kamu akan menyandang gelar Sarjana Sosial.

Lulusan dari jurusan Kesehjahteraan Sosial ini dibutuhkan di instansi pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga internasional, sampai organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

Lulusan dari jurusan ni juga dianggap memiliki kemampuan advokasi yang baik, kepekaan dan empati yang tinggi, sehingga bidang pekerjaannya sangat cocok bagi kamu yang suka bekerja dengan terjun langsung di tengah masyarakat.

Pilihan karier buat lulusan jurusan ini antara lain pegawai bank, dosen, pekerja sosial medis, pekerja sosial, research and development, system analyst, arsiparis, dan lain-lain. Bila kamu berjiwa sosial yang tinggi, jurusan ini cocok untukmu.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*