Kepoin Jurusan Bisnis Digital: Jurusan Baru Banyak Penggemar




Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Bisnis Digital termasuk jurusan baru di Indonesia. Jurusan ini termasuk dalam rumpun ilmu terapan. Pada kenyataannya, jurusan ini akan mengajarkan untuk merancang dan menjalankan bisnis yang berbasis digital.

Ilmu yang akan diperolah adalah perpaduan dari manajemen, bisnis, teknik informatika, dan juga sistem informasi. Umumnya, Jurusan Bisnis Digital tersedia pada program D-4 atau S-1. Jurusan ini berdiri untuk menjawab tantangan bisnis masa depan yang  akan didominasi oleh istem digital sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

BACA JUGA:

Lebih dari itu, lulusan jurusan ini juga diharapkan memiliki keterampilan mumpuni untuk mendjai seorang ahli digital business yang mampu menghadirkan solusi dan rekomendasi dalam berbagai permasalahan bisnis. Pelajar yang memiliki minat kuat terhadap dunia bisnis dan ingin memaksimalkan peluang yang ada di era digital saat ini merupakan pelajar yang cocok untuk jurusan satu ini.

Kemampuan atau keterampilan serta pengetahuan yang bisa diperoleh dari jurusan ini antara lain adalah kemampuan manajerial, kemampuan komunikasi, kemampuan negosiasi, kemampuan melakukan observasi, kemampuan melakukan analisis, dan kemampuan meneliti.

Jurusan Bisnis Digital merupakan jurusan yang menjadi incaran kaum milenial karena beberapa alasan, yakni:

  • Relate dengan perkembangan bisnis zaman sekarang. Misalnya kalau kita membahas bisnis online, maka kita akan mengimplementasikan suatu bentuk promosi atau upaya pemasaran lain yang membutuhkan strategi dan teori tertentu.
  • Lulusan dari jurusan ini sering dicari oleh berbagai macam perusahaan. Lulusan bisnis digital pasti mempunyai kemampuan yag hebat dalam menangani suatu bisnis, sehingga sarjna dari jurusan ini tentu dapat terjun ke dalam bidang  yang luas meliputi konsultan bisnis, keuangan dan perbankan, analis sistem, analis data, hingga bekerja di perusahaan e-commerce.
  • Jurusan Bisnis Digital dapat menciptakan lapangan kerja sendiri yang bermandaat bagi orang lain. Mempunyai latar belakang ilmu strategi bisnis digital tentu akan bisa membuatmu menjadi orang yang sangat teliti dan saba dalam proses merintis bisnis online. Hal ini juga memberimu kesempatan untuk membangun bisnis startup berbasis digital sendiri yang artinya kamu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  • Jurusan Bisnis Digital ini menjawab keresahan bagi orang yang memiliki passion  berbisnis dan ingin menambah pengetahuan terkait teknologi. Tentu karakter diri akan berkembang dan menjadi lebih detail, kritis, teliti, observan, dan dapat lebih berpengalaman dalam memecahkan masalah dan rasional. Maka kedewasaanmu ketika berbisnis tentu akan lebih baik dibandingkan dengan yang masih awam.
  • Banyak orang yang pandai dalam teori bisnis, tetapi tidak piawai dalam praktiknya. Selama kuliah di Jurusan Bisnis Digital, kamu akan bertemu dengan banyak orang keren dalam bisnis yang bercerita tentang pengalamannya. Hal ini pasti akan menambah pengetahuanmu dan membuatmu lebih mudah untuk menganalisis data dan mengambil keputusan.
  • Pasar e-commerce di Indonesia masih akan terus berkembang. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat menguntungkan bila kita memilih belajara di jurusan Bisnis Digital karena kamu akan lebih tahu agaimana cara memaksimalkan peluang perkembangan pasar tersebut.

Sedangkan  untuk proses karier dari lulusan jurusan ini sendiri masih terbuka luas di Indonesia. Perkembangan dunia bisnis saat ini telah terintegrasi dengan digital, sehingga mengubah pola bisnis secara sigbifikan dan lulusan jurusan ini memiliki kemampuan untuk menguasai mekanisme bisnis berbasis digital. Banyak perusahaan-perusahaan baru yang berdiri dengan konsep bisnis digital. Bahkan perusahaan lama juga mengintergrasikan sistem bisnisnya kea rah digital.

Beberapa jenis pekerjaan yang menggunakan implementasi dari ilmu bisnis digital ini antara lain digital marketing, data analis, SEO specialist, market researcher, dan business development  serta beragam posisi lain yang berhubungan dengan dunia bisnis.

Dengan terbukanya banyakkesempatan untuk berkarier tersebut, apakah kamu mulai tertarik untuk mengambil jurusan ini saat kuliah kelak?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*