Masuk Semester Baru? Inilah 4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan




Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi mahasiswa belajar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa kampus memang telah memasuki semester baru pada awal tahun ini, tetapi tidak sedikit mahasiswa yang baru menyelesaikan Ujian Akhir Semester.

Memasuki semester baru tentu kita akan merasa antusias dengan perkuliahan yang akan kita jalani dalam enam bulan ke depan. Agar makin antusias dan semangat dalam menyambut semester baru, kita perlu melakukan empat hal berikut. Cekidot!

BACA JUGA:

Evaluasi semester lalu

Bila semester lalu sering bolos atau tertidur saat kuliah daring, ini saatnya mengubah kebiasaan buruk itu untuk menjadi the best version  dari dirimu sendiri. Misalnya mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen atau gurumu sedang mengajar, atau menghargai beliau ketika sedang mengajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online.

Disiplin belajar

Disiplin dan menghargai waktu memang bukan hal yang mudah, tetapi tidak ada salahnya mencoba membenahi jadwal belajar demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru ini. perhatikan jadwal kuliah dan targetmu. Meskipun online, rencana studi selama satu semester ke depan harus terorganisir dengan baik.

Oleh karena itu, target dan goals selama satu semester nanti harus sudah kamu buat di awal semester baru ini. Jadikan target itu penyemangat belajar dengan cara menempelkannya di depan tempatmu belajar.

Mind map belajar

Kamu pasti sudah tahu dengan yang namanya mind map, kan. Mencari ide dan topik materi dapat memudahkan kita dalam memahami materi yang akan diajarkan. Kamu bisa membuat mind map sekreatif mungkin dengan ditambah warna-warni krayon atau spidol. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah dalam belajar dan memahami materi.

Temukan motivasi dan semangat baru

Mengawali semester baru, semangat dan motivasi belajar juga harus baru. Kamu perlu menemukan support system yang selalu memberikan dukungan positif dan membuatmu terus berkembang maju. Sahabat, saudara, orangtua, teman sehobi bisa kamu jadikan motivasi untuk memasuki semester baru ini. Jangan kasih kendor semangatmu, ya!

Pada semester baru ini, kemungkinan kita masih akan mengalami pembelajarn blended learning, yang tentunya tidak terlalu membuatmu kaget seperti awal pandemi lalu, bukan. Pastikan kamu terus berprestasi meskipun masih dalam situasi pandemi, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*