Suka Dengan Anak-anak? Jurusan PGSD Ini Cocok Buatmu




Guru mengajar di kelas
Guru mengajar di kelas (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Terlebih guru SD. Karena  jasa mereka lah kita bisa membaca, menulis, berhitung hingga mampu menggunakan gadget seperti sekarang. Guru SD mungkin merupakan salah satu profesi yang ‘tidak terlihat’ saat ini, tetapi jasanya sangat besar bagi kecerdasan bangsa.

Bila setelah lulus kamu belum tahu akan melanjutkan kuliah di mana, jurusan PGSD yang menghasilkan guru SD ini dapat kamu jadikan cita-cita yang mulia. Apalagi bila kamu menyukai anak-anak dan dunianya, memilih jurusan ini tentu sangat cocok buatmu.

BACA JUGA:

Agar kamu makin mantap dalam memilih jurusan PGSD ini, inilah hal-hal yang perlu kamu tahu tentang jurusan yang satu ini.

Jurusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi guru SD. Di jurusan ini kamu akan mempelajari semua materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa SD, seperti Tematik, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.

Selain materi pelajaraan itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan mengenai cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti sopan santun, berdisiplin, berjiwa sosial, dan sebagainya.

Materi-materi tersebut di atas penting sebab guru SD bertanggungjawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Sebagai strata pendidikan awal, jenjang SD merupakan pondasi ilmu yang berguna bagi seorang anak untuk menghadapi jenjang pendidikan berikutnya.

Jurusan PGSD merupakan salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya di berbagai perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari semua mata pelajaran yang sudah diajarkan di masa sekolah, tetapi lebih mengutamakan empat mata pelajaran wajib di SD yakni Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS.

Materi-materi pelajaran itu dipelajari pada bagian awal semester, sedangkan pada semester selanjutnya, mahasiswa akan belajar lebih banyak mengenai pengembangan kurikulum SD, metode belajar SD, profesi keguruan, dan mata kuliah lainnya yang menunjang pembelajaran di SD.

Selain banyak diminati, jurusan PGSD ini juga memiliki peluang kerja yang besar, Setelah lulus dari jurusan PGSD, kamu bisa mengajar siswa kelas 1 hingga kelas 6. Selain itu, lulusan jurusan PGSD juga memiliki peluang pekerjaan sebagai guru les privat, membangun startup bidang pendidikan, membuka tempat bimbingan belajar, menjadi penulis, bahkan menjadi penyiar radio.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*