Mau Jadi Mahasiswa Tahun Ini? Pastikan 7 Skill Ini Telah Kamu Miliki




Persiapan Kuliah
Ilustrasi: Persiapan Kuliah

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjadi mahasiswa dan masuk ke dunia perkuliahan tentu menjadi idaman banyak siswa SMA. Banyak perbedaan antara menjadi pelajar sekolah menengah dengan saat menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.

Namun demikian, menjadi seorang mahasiswa tidak semudah yang dibayangkan. Sebelum menjadi mahasiswa, kamu harus menjalani serangkaian tes terlebih dahulu agar bisa masuk kampus idaman. Setelah dinyatakan diterima barulah kita sah disebut sebagai mahasiswa.

BACA JUGA:

Proses belajar di sekolah menenagh dengan di bangku kuliah pastilah berbeda. Masuk dunia perkuliahan mengharuskan kita untuk beradaptasi. Sebagai mahasiswa, kamu juga harus memiliki skill penting yang mendukung kegiatan perkuliahan. Inilah skill mahasiswa yang harus kamu miliki untuk masuk ke dunia perguruan tinggi.

Bertanggungjawab

Meskipun masuk di dunia perkuliahan kamu akan memiliki jatah untuk tidak masuk kelas, bukan berarti kamu bisa semaunya. Sebagai mahasiswa, kita harus mempergunakan kesempatan tersebut dengan tanggung jawab.

Kemampuan berkomunikasi

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan saat menjadi mahasiswa. Saat perkuliahan berlangsung, kamu akan dituntut untuk aktif menyampaikan pendapat, kritik, maupun saran. Selain itu, kamu juga akan banyak dituntut melakukan presentasi di depan kelas, bila kamu ikut kepanitiaan atau organisasi mahasiswa, kamu pasti lebih butuh komunikasi yang lebih baik lagi,

Manajemen waktu

Saat menjadi mahasiswa, kamu juga akan dituntut untuk lebih pandai lagi dalam membagi waktu antara tugas yang banyak dengan jadwal kuliah yang padat. Belum lagi bila kamu ikut UKM, organisasi atau kepanitiaan.

Hal ini dapat kamu persiapkan dengan cara membuat jadwal dan mencatat seluruh agenda di kalender. Kamu juga dapat membuat daftar prioritas atas pekerjaan-pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam satu hari, satu minggu, bahkan satu bulan. Pastikan juga kamu tetap memiliki waktu istirahat yang cukup dan tetap bisa melakukan hobi, ya.

Berpikir kreatif dan inovatif

Menjadi mahasiswa artinya kamu juga harus berpikir kreatif dan inovatif. Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri. Maka dari itu kemampuan berpikir kreatif dan inovatif sangat penting untuk kamu sebelum menjadi mahasiswa.

Berpikir kritis dalam memecahkan masalah

Memecahkan masalah juga merupakan skill khusus yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Saat di perkuliahan nanti kita akan dihadapkan pada kemampuan mencari solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang dihadapi.  Kamu dapat berlatih dengan cara melakukan evaluasi secara sistematis agar bisa menemukan pemecahan yang tepat untuk permasalahan yang ada.

Bekerja dalam tim

Di bangku perkuliahan nanti, kamu akan menerima banyak sekali tugas atau proyek yang melibatkan tim atau kelompok. Bahkan bisa jadi dalam satu semester, kamu bisa mempunyai beberapa tim yang berbeda untuk mata kuliah yang berbeda pula. Hal ini menuntut kemampuan kita untuk mampu bekerja secara tim dan mampu menghormati pendapat orang lain.

Kemampuan adaptasi

Kemampuan ini sangat penting apalagi bila kamu harus menempuh kuliah di kota atau negara yang berbeda dengan asalmu. Dari hidup bersama dengan orang tua dan menjadi hidup mandiri di kota rantau, kamu harus pandai beradaptasi. Culture shock itu wajar, homesick juga wajar, pastikan kamu dapat mengatasi keduanya dengan baik secara cepat agar tidak mengganggu proses  kuliah, ya.

Nah, itulah tujuh skill wajib yang harus dimiliki sebelum menjadi mahasiswa. Bila kamu mau menjadi mahasiswa di tahun ini, pastikan tujuh hal tersebut di atas masuk dalam daftar belajarmu, ya. Semangat!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*