7 Tip Penting Persiapan Kuliah di Luar Negeri, Cekidot Guys!

Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri

JAKARTA, KalderaNews.com – Melanjutkan pendidikan e jenjang yang lebih tinggi di luar negeri adalah impian banyak orang. Selain bisa merasakan lingkungan yang baru, melanjutkan pendidikan di luar negeri juga banyak memberikan pengalaman hidup yang berharga.

Situasi pendidikan di Indonesia tentu saja berbeda dengan di luar negeri. Lingkungan dan budaya yang berbeda, biaya hidup yang tinggi, sistem belajara yang tidak sama, dan lain-lain tentu akan membuat kuliah di luar negeri butuh persiapan yang lebih banyak.

BACA JUGA:

Persiapan kuliah di luar negeri ini cukup penting agar setibanya di negara dan kampus impian tidak ada perasaan tidak nyaman atau bahkan culture shock yang membuat ingin pulang ke tanah air sebelum cita-cita tercapai.

Inilah 7 tip penting persiapan kuliah di luar negeri yang harus dilakukan:

Cek alasan dan motivasi kuliah di luar negeri

Alasan dan motivasi yang kuat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah persiapan pertama yang harus dimiliki. Jangan menjadikan kuliah di luar negeri karena ikut-ikutan teman-teman sekitar tanpa motivasi yang kuat. Hindari juga menjadikan gengsi sebagai alasan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Rencanakan dengan matang

Bila sudah menemukan alasan yang tepat untuk kuliah di luar negeri, buatlah rencana yang matang untuk mewujudkan impianmu itu. Selain persiapan fisik, pesiapkan juga mental untuk hidup mandiri di negeri orang. Perencanaan yang matang meliputi negara tujuan, perguruan tinggi yang tepat, jurusan yang akan diambil, perkiraan biaya hidup, dan lain-lainnya.

Kumpulkan segala hal informasi yang akurat terkait negara tujuan dan kampus yang dituju. Termasuk area tempat tinggal dan lokasi mencari kebutuhan sehari-hari. Jangan lupakan informasi mengenai transportasi publik yang lazim digunakan di negara tujuan.

Siapkan semua dokumen pendukung

Bila telah menentukan negara tujuan dan perguruan tinggi impian, siapkan seluruh dokumen penting seperti visa, paspor, juga ijazah atau dokumen pendukung lainnya. Siapkan terkumpul dalam satu wadah khusus yang aman dan tidak mudah tercecer nantinya.

Siapkan biaya

Selain biaya kuliah, biaya akomodasi, tempat tinggal, dan kehidupan sehari-hari di sana harus dipertimbangkan dan dihitung dengan baik. Bila kamu mencari beasiswa untuk dapat kuliah di luar negeri, perhatikan seluruh syarat yang diminta beserta manfaat yang diberikan beasiswa tersebut. Bisa jadi fasilitas beasiswa yang kamu dapatkan dapat meringankan beban biaya yang diperlukan selama kuliah di sana.

Tingkatkan kemampuan bahasa

Bahasa merupakan hal paling penting untuk berkomunikasi. Tingkatka kemampuan bahasa asingmu agar tidak kesulitan saat mencari informasi atau menjalin pertemanan dengan orang baru di luar negeri. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing ini. bisa kursus secara offline, tetapi kursus secara online juga sudah banyak tersedia.

Pelajari budaya negara tujuan

Mempelajari budaya negara tujuan sangat penting untuk kita dapat menyesuaikan diri dengan cepat kelak nanti di sana. Jangan abaikan memperlajari tentang musim negara tujuan. Jangan sampai kesehatanmu terganggu karena tidak menyiapkan diri sebelumnya menghadapi perubahan musim yang ada.

Bangun koneksi, perluas networking

Persiapan kuliah di luar negeri yang matang  sangat perlu dilakukan jauh hari. Carilah kenalan dan bangun hubungan yang baik dengan teman atau relasi yang mempunyai banyak pengalaman menempuh pendidikan di negeri orang. Relasi yang mempunyai pengalaman hidup di luar negeri itu dapat menjadi teman bertukar pikiran atau mencari gambaran detail tentang situasi negara dan perguruan tinggi tujuan.

Itulah tujuh persiapan penting untuk kuliah di luar negeri yang harus dilakukan dengan baik. Jangan sampai semangat belajara kendur hanya karena belum mempersiapkan diri dengan baik untuk menempuh pendidikan di negeri orang. Yuk, semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*