Tahun Baru, Inilah Keterampilan Hidup yang Harus Dimiliki Pelajar Agar Makin Sukses




Semangat Hidup
Semangat Hidup (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 memang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Namun, peristiwa pandemi ini memang membawa banyak perubahan. Selain membawa banyak korban jiwa, pandemi ini juga membawa dampak pada pekerjaan dan pendidikan.

Tidak hanya perubahan teknologi, pandemi juga memberikan perubahan gaya hidup. Kita dituntut untuk mengembangkan keterampilan hidup dalam banyak hal, salah satunya keterampilan bidang digital. Selain keterampilan digital dibutuhkan juga keterampilan lainnya.

BACA JUGA:

Keterampilan hidup ini dibutuhkan agar kita mampu bertahan di dalam kehidupan. Secara umum, keterampilan dibagi menjadi 4 jenis, yakni basic literacy skill, technical skill, interpersonal skill, dan problem solving.

Keterampilan dasar literasi atau basic literacy skill merupakan keterampilan yang menekankan pada kemampuan dasar yang dimiliki seseorang. Kemampuan dasar yang dimaksud meliputi keterampilan dalam menghitung, mendengarkan, menulis, dan membaca.

Sedangkan keterampilan teknis atau technical skill  merupakan kemampuan yang didapat secara khusus seperti pembelajarn pada bidang tertentu. Contohnya keterampilan menggunakan komputer, merakit alat elektronik, dan lain-lainnya.

Interpersonal skill adalah keterampulan yang difokuskan pada kemampuan dasar yang dimiliki dalam berkomunikasi. Bentuk komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi antar individu dan komunikasi individu dengan kelompok. Contoh yang paling mudah dilihat adalah kemampuan dalam menyampaikan pendapat yang mudah dipahami.

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah yang dimaksud adalah kemampuan menggunakan logika, yang secara umum, seseorang yang memiliki kemampuan ini dianggap memiliki kognitif dan logika yang baik.

Dari empat keterampilan dasar tersebut di atas, keterampilan yang harus dimiliki pelajar dan mahasiswa pasca pandemi ini antara lain:

Keterampilan adaptasi

Keterampilan ini mutlak dibutuhkan agar kita dapat tetap survive di dunia kerja. Keterampilan ini menuntut kita tidak terlalu milih-milih pekerjaan hanya karena mood atau tidak terbiasa. Dalam kondisi seperti sekarang, beradaptasi dengan cepat.

Keterampilan komunikasi

Keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan pada masa pasca pandemi tidak hanya meyampaikan informasi kepada lawan bicara. Ada aspekpenting lain yang perlu diperhatikan seperti kecerdasan emosional pada saat berkomunikasi. Hal ini akan membuat informasi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami.

Keterampian digital

Keterampilan ini menjadi sangat penting saat terjadi pandemi. Banyak pekerja, pelajar, dan mahasiswa yang dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer dan beberapa aplikasi virtual meeting. Kebiasaan seperti ini mungkin akan terus berlanjut walaupun pandemi telah berakhir. Teknologi berkembang sangat pesat, sehingga keterampilan teknologi dan digital sangat diperlukan. Keterampilan digital tidak hanya mencakup pengoperasian komupter atau aplikasi virtual meeting semata, masih banyak kemampuan digital lain yang diperlukan seperti web developer, web design, animator, atau software analyst and developers.

Itulah beberapa jenis keterampilan yang diperlukan untuk tetap bertahan dalam menghadapi kehidupan setelah pandemi. Keterampilan mana yang menurutmu masih perlu ditingkatkan tahun ini?

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*