Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari, Begini Tema dan Sejarahnya

Logo Hari Pers Nasional 2022. (Ist.)
Logo Hari Pers Nasional 2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Pers Nasional diperingati tiap 9 Februari. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi profesi jurnalis pertama di Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

BACA JUGA:

Nah, peringatan HPN tahun ini dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Tema yang diangkat adalah “Sultra Jaya Indonesia Maju”. Tak hanya bicara tentang dunia pers, HPN kali ini juga akan mendiskusikan peran pers dalam kelestarian lingkungan hidup.

Sejarah Hari Pers Nasional

Pada 8 Juni 1946 di Yogyakarta, berkumpullah para tokoh pers Indonesia untuk meresmikan pendirian Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Sebenarnya SPS telah lahir jauh sebelumnya, bersamaan dengan lahirnya PWI di Surakarta, Jawa Tengah pada 9 Februari 1946.

Di balai pertemuan Sono Suko Surakarta pada 9-10 Februari 1946, wartawan dari seluruh Indonesia berkumpul. Pertemuan itu menyetujui pembentukan organisasi wartawan Indonesia dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diketuai Sumanang Surjowinoto.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*