Biografi Lengkap Kartini, Perempuan Milenial Harus Tahu

Sharing for Empowerment

Dari bacaannya itu, Kartini mengetahui bahwa kehidupan wanita Eropa dan wanita Indonesia sangat jauh berbeda kala itu. Di Indonesia, wanita memiliki status yang rendah, tidak pernah mendapatkan persamaan, kebebasan dan otonomi serta kesetaraan hukum.

Kondisi ini membuat hati kartini miris. Keinginannya memajukan nasib perempuan akhirnya tumbuh di hatinya. Kartini merasa tergugah dan bertekad untuk mengubah nasib kaumnya.  

Masa Dewasa

Setelah dipingit pada usia 15 tahun, R.A Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903 saat berusia 24 tahun dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang menjabat sebagai Bupati Rembang sebagai istri keempat. Pernikahan Kartini ini menjumpai polemik yang sama seperti yang dihadapi oleh R.A. Soelastri  yang dinikahi sebelum Kartini, juga bukan sebagai istri pertama.

Sayangnya, perjuangan Kartini harus terhenti dan tidak dapat berjuang lebih lama dalam mengangkat harkat derajat wanita karena Kartini wafat di usia 25 tahun. Kartini meninggal dunia setelah empat hari melahirkan putra tunggalnya, R.M. Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada 13 September 1904.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*