Apa Beda Fakultas, Jurusan, dan Program Studi? Calon Mahasiswa Wajib Paham




Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendaftar kuliah memang urusan yang dapat dikatakan rumit bahkan membingungkan. Selain memilih jenjang pendidikan dan jurusan yang tepat, bisa jadi kita juga harus mempertimbangkan lokasi atau kota kampus tersebut beserta biayanya.

Kuliah tidak akan lepas dari istilah fakultas, jurusan, dan program studi. Apa beda dari ketiganya? Yuk, kita kupas satu persatu agar tidak bingung.

BACA JUGA:

Fakultas

Fakultas merupakan bagian dari universitas yang menaungi beberapa disiplin ilmu yang sama dalam satu rumpun. Fakultas terdapat di universitas, institut hingg a skeolah tinggi. Ruang lingkup fakultas lebih luas bila dibanding dengan jurusan dan program studi atau prodi.

Fakultas dipimpin oleh dekan yang bertanggungjawab atas administrasi hingga akademik di fakultasnya.

Jurusan

Beda fakultas, beda lagi dengan jurusan. Jurusan merupakan bagian dari fakultas. Tugas jurusan adalah mengembangkan program studi yang ada di dalamnya. Setiap jurusan memiliki bidang yang berbeda meskipun berada di fakultas yang sama. Jadi mahasiswa yang berasal dari jurusan yang berbeda akan mempelajari pelajaran yang berbeda juga.

Jurusan ada di dalam setiap perguruan tinggi mulai dari universitas, institut, sampai politeknik. Jurusan dipimpin oleh ketua jurusan yang dipilih dari dosen dan bertanggungjawab langsung kepada dekan.

Program Studi

Program studi ada di bawah  lingkkungan dan fakultas. Program studi biasanya ada di kampus besar dengan jumlah jurusan yang cukup banyak. Sekolah tinggi juga ada yang menggunakan istilah program studi untuk menggantikan istilah jurusan.

Beberapa universitas, istilah jurusan dan program studi ini mengacu pada hal, peran, dan fungsi yang sama, hanya penyebutan saja yang berbeda. Itulah beda fakultas, jurusan dan program studi yang harus dipahami calon mahasiswa agar jangan salah memilih dan menentukan langkah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*