Cegah Penyakit Hepatitis Akut Dokter Anak dari FK Unpas Imbau untuk Terapkan PHBS

Gedung Universitas Pasundan Bandung
Gedung Universitas Pasundan Bandung (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut sedang ramai dibicarakan yang menyerang anak-anak tengah menggemparkan dunia, termasuk di Indonesia.

Oleh karena itu, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas) sekaligus dokter spesialis anak, dr. Lianda Tamara, Sp.A. mengatakan bahwa hepatitis misterius atau hepatitis of unknown origin merupakan penyakit hepatitis yang belum diketahui penyebabnya.

dr. Lianda mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna menghindari dan mencegah penyakit hepatitis misterius tersebut.

BACA JUGA:

“Virus hepatitis yang sering kita dengar antara lain virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Pada kasus hepatitis misterius, ada gejala yang mirip dengan hepatitis A, B, C, D, dan E, tetapi pemeriksaan darah menunjukkan hasil negatif untuk kelima virus itu,” terangnya, pada Kamis, 12 Mei 2022 di Unpas Bandung.

Hingga saat ini, vaksin yang rutin diberikan pada anak baru vaksin hepatitis A dan B. Sehingga, menurut dr. Lianda, vaksin yang ada tidak dapat mencegah infeksi hepatitis misterius.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*