Ternyata, Begini Sejarah Kuliah Kerja Nyata alias KKN, Sudah Ada Sejak 1971

Kisah KKN di Desa Penari
Ilustrasi: Kisah KKN di Desa Penari
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tajuk “KKN di Desa Penari” kembali viral setelah kisah fiksi itu diangkat ke layar lebar. Film ini telah ditonton jutaan penggemar film horor di Tanah Air.

Tapi, tahukah kamu sejarah munculnya KKN atau Kuliah Kerja Nyata?

BACA JUGA:

KKN atau Kuliah Kerja Nyata ternyata sudah ada sejak 1971. Kala itu, Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memilih Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanudin, dan Universitas Andalas sebagai kampus perintis kegiatan pengabdian masyarakat.

Hasil proyek dan evaluasi pengabdian masyarakat tersebut kemudian dipresentasikan di depan Rektor Universitas dan Institut Negeri pada Maret 1972.

Hasilnya, Direktur Pendidikan Tinggi lantas meminta 13 universitas dari 13 provinsi untuk melakukan program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Mahasiswa yang mengikuti KKN berasal dari lintas jurusan. Jadi, dalam satu kelompok berisi mahasiswa dari berbagai jurusan. Kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan program kerja yang sudah dirancang oleh tim kelompok dan telah disepakati oleh dosen pengampu dan juga pihak desa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*