Punya Sakit Maag? Jangan Sepelekan Karena Komplikasi Ini Bisa Mengintaimu

superfood, makanan untuk otak, makanan sehat, diet sehat
Ilustrasi: Makanan sehat dan halal dapat menjaga kesehatan dan membantu kinerja otak tetap baik. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang kerap melanda kaum pelajar dan mahasiswa. Sakit maag merupakan sekumpulan gejala seperti perut mulas, mual, kembung, dan nyeri serta rasa panas di dada atau heartburn.

Sakit maag ini kerap dianggap sepele sehingga tidak jarang berubah menjadi kronis dan menimbulkan bahaya yang mengerikan. Inilah komplikasi dari sakit maag yang harus diwaspadai dan dicegah. Cekidot!

BACA JUGA:

Esofagitis

Sakit maag yang telah kronis dapat menimbulkan komplikasi pertama yakni esophagitis. Esophagitis merupakan sebuah tanda adanya peradangan yang dapat merusak jaringan di kerongkongan. Sakit maag yang tidak diobati dengan baik dapat mengganggu dungsi kerongkongan yakni memindahkan makanan atau cairan dari mulut ke perut. Akibatnya esfagitis akan dapat menimbulkan gejala kesulitan menelan, nyeri di dada, dan kesulitan menelan.

Striktur esophagus

Salah satu gejala sakit maag yakni hearburn disebabkan oleh asam lambung berlebihan yang naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan mukosa atau selaput lender. Bila heartburn  terjadi berulang kali, iritasi akan makin parah dan dapat membuat kerongkongan jari terluka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*