Diperingati 14 Juni, Inilah Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Ilustrasi: Hari Donor Darah Sedunia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Donor Darah Sedunia. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat mulia. Kegiatan ini dapat menolong bahkan menyelamatkan seseorang dari maut dan situasi gawat darurat. Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day jatuh pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya stok darah yang aman. Peringatan Hari Donor Darah Sedunia juga sebagai ajang prestasi bagi orang-orang yang sudah rutin mendonorkan darahnya.

BACA JUGA:

Sejarah donor darah dimulai dari eksperimen seorang ilmuwan yang bernama Richard Lower. Awalnya ia menpelajari dan mendalami donor darah pada hewan. Dari kerja kerasnya itu, Richard berhasil melakukan transfuse darah pada dua anjing.

Penemuan tersebut menarik pemantik awal ilmu pengetahuan tentang donor darah mulai berkembang. Pada tahun 1901, ilmuwan lain, Karl Landsteiner membuat klasifikasi khusus berkaitan dengan pembaian darah.

Gagasan Karl ini disebut sebagai ABO human Blood Type. Ide dari Karl ini yang menjadi sistem dalam menentukan pendonoran darah. Karl mendapatan penghargaan Nobel karena penemuannya itu,




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*