Trio Aspek dari Prancis, Clauser Amerika dan Zeilinger Austria Memenangkan Nobel Fisika 2022

Sharing for Empowerment

Ilmuwan Alain Aspect, John Clauser dan Anton Zeilinger memenangkan hadiah berusia lebih dari satu abad, senilai 10 juta mahkota Swedia ($ 902.315) yang diberikan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.

Fisika adalah Nobel kedua yang diberikan minggu ini setelah ahli genetika Swedia Svante Paabo memenangkan hadiah untuk Fisiologi atau Kedokteran pada Senin.

Penghargaan bergengsi untuk pencapaian dalam sains, sastra, dan perdamaian diciptakan atas kehendak Alfred Nobel, yang menghasilkan banyak uang dari penemuan dinamitnya, dan telah dianugerahkan sejak 1901 dengan beberapa gangguan, terutama dua perang dunia.

Hadiah fisika sering menjadi pusat perhatian di antara penghargaan, menampilkan nama-nama rumah tangga sains seperti Albert Einstein, Max Planck, Pierre Curie dan Marie Curie, dan terobosan yang bermanfaat yang telah membentuk kembali cara kita melihat dunia.

Tahun lalu, ilmuwan Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann dan Giorgio Parisi berbagi hadiah fisika untuk pekerjaan mereka pada sistem fisik yang kompleks seperti perubahan iklim bumi, kunci dalam memahami pemanasan global.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*